TMMD Wiltas Malinau Gelar Penyuluhan Pertanian


MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Selain kegiatan Fisik, salah satu sasaran kegiatan TMMD juga terkait penyuluhan pertanian.

Lebih kurang 50 warga masyarakat desa kaliamok dan desa lubak manis menghadiri penyuluhan pertanian dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malinau bertempat di Pos Kotis Satgas TMMD Desa Kaliamok Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau, Rabu (31/10).

Kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 0910/Malinau Wiltas kab Malinau TA.2018.

Penyuluh pertanian Hortikultura wilayah Kecamatan Malinau utara, Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Malinau, Handoko hadir sebagai narasumber.

Dalam paparannya tentang tanaman Padi, Handoko menjelaskan bahwa kita harus tau cara bertanam padi yang baik dan benar, bagaimana cara mengatasi gangguan atau hama yang menyerang tanaman padi, dengan demikian mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Berdasarkan data lapangan, hasil produksi pertanian di Malinau. masih sangat rendah. Hal itu dipengaruhi adanya penggunaan pupuk belum tepat, baik pemberian pupuk organik maupun kimia, imbuhnya.

“penggunaan pupuk kimia yang tidak sesuai takaran yang dianjurkan, oleh sebab itu hasil panen kita tidak maksimal”.

Lanjut kata dia Handoko, ada cara jitu yang perlu dilakukan petani, diantaranya penanganan pengendalian hama penyakit tanaman dengan penggunaan pestisida yang tepat dan pastikan penyemprotan hama saat hama pada posisi lemah atau masih berbentuk ulat.

Salah satu Tokoh Masyarakat Yahya usai mengikuti penyuluhan mengatakan kami sangat senang dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Satgas TMMD, dengan penyuluhan ini tentunya wawasan warga menjadi bertambah.

“tadinya kami tidak mengerti tentang tata cara menyemai, menanam kemudian merawat padi, namun adanya penyuluhan ini kami jadi tahu walaupun belum mendalami, dan nantinya ilmu yang didapat dari penyuluhan ini akan dipraktekan dirumah”.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0910 Malinau Kapten inf Dedy Haryanto yang hadir saat itu menyampaikan, penyuluhan ini dilakukan guna memberikan wawasan tambahan kepada warga masyarakat sasaran TMMD ke-103, dan warga diharapkan dapat menerapkannya di lahan masing-masing.

“Ya kami berharap penyuluhan ini memberikan manfaat kepada para warga, dan kedepan bisa meningkatkan produktivitas hasil Padinya, jika perlu tambahan pengawalan, maka TNI dan Dinas Pertanian siap mengawal,” (sk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE