Komite Sekolah Bentuk Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan SMPN 3 Malinau Kota

Komite Sekolah Bentuk Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan SMPN 3 Malinau Kota

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Komite Sekolah SMPN 3 Malinau Kota (Malkot) lakukan pembentukan Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan (TPLP) SMP Negeri 3 Malinau Kota menuju sekolah Adiwiyata, Senin (17/12) di Ruang pertemuan SMPN 3 Malinau Kota Desa Tanjung Keranjang kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

 

Pembentukan TPLP SMPN 3 Malkot di hadiri Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah, Komiter Sekolah dan para orang tua murid.

 

Pada kesempatannya Kepala Sekolah SMPN 3 Malinau Kota Elisa Selutan, S.Th, M.Pd menjelaskan pihak sekolah sangat berterimakasih kepada komite untuk program sekolah Adiwiyata ini, dan diharaplam nantinya dapat meningkatkan mutu pendidikan dan bagaimana SMPN 3 dapat mengubah cara belajar mengajar agar lebih nyaman.

Komite Sekolah Bentuk Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan SMPN 3 Malinau Kota

“Kami sangat berterimakasih kepada komite sekolah untuk program sekolah Adiwiyata ini, dan diharaplam nantinya dapat meningkatkan mutu pendidikan dan bagaimana SMPN 3 dapat mengubah cara belajar mengajar agar lebih nyaman tentunya”.

 

Beberapa waktu lalu saya memanggil guru tim peningkatan mutu pendidikan dan saya katakan bagaimana kita lebih kreatif lagi dalam meningkatkan mutu pendidikan, tidak harus belajar di dalam kelas sesuai kurikulum 2013 dan saya katakan bagaimana kita membuat sarana pembangunan belajar diluar sekolah yang dapat digunakan untuk proses belajar di luar ruang sekolah, dan sistemnyapun tidak harus seperti didalam ruang kelas, namun lebih santai namun materi pelajaran lebih dapat, untuk itu kita putuskan untuk membangun 4 buah gazebo yang dibantu pembangunannya oleh PT. BDMA, ungkap Elisa.

 

“Memang saat ini gazebo ini belum kita gunakan, nah dengan adanya program Adiwiyata ini gazebo tersebut akan kita padukan”.

 

Tujuan dengan program adiwiyata ini kita berharap sekolah kita akan mendapatkan prestasi kedepannya, terutama pada bulan april pada hari lingkungan hidup, karena program adiwiyata ini berkaitan dengan program pemerhati lingkungan hidup dunia dan sekolah kita sudah mendapat rekomendasi untuk tingkat pendidikan, ucapnya.

Komite Sekolah Bentuk Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan SMPN 3 Malinau Kota

Untuk mencapai ini, saya sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak ke tiga, dan saya sudah memanggil pihak PT. BDMA, KPUC dan AMNK, nah program ini juga bukan dilaksanakan pihak sekolah melainkan yang menjadi pelaksananya yakni Komite SMPN 3 ini, dan kesepakatannya akan dilakukan penandatanganan Mou antara perusahaan dengan Komite sekolah di bulan januari bertepatan dengan momen natal sekolah.

 

Sebagai penggagas, Ketua Komite SMPN 3 Malinau Kota Jesly Lagan mengatakan, beberapa waktu lalu saya menyampaikan hal program Adiwiyata ini kepada pihak sekolah dan disambut baik oleh kepala sekolah.

 

“Beberapa waktu lalu saya menyampaikan program Adiwiyata ini kepada pihak sekolah dan disambut baik oleh kepala sekolah, program Adiwiyata ini dibangun guna menuju program peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Malinau Kota ini”.

 

Kami sangat apresiasi rancangan dan program yang telah di laksanakan pihak sekolah SMPN 3 Malkot dan khususnya program Adiwiyata ini merupakan program yang tertuang dalam kerangka berpikir SMPN 3 Malkot dan sangat direspon masyarakat atau orang tua murid, sehingga dengan begitu kami dapat mengambil bagian dalam seluruh proses program adiwiyata tersebut.

Komite Sekolah Bentuk Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan SMPN 3 Malinau Kota

Salah satunya langka kami ialah mengumpulkan seluruh orangtua siswa dalam pembentukan Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan (TPLP) SMPN 3 Malkot yang terdiri lebih kurang 6 orangtua murid, dan ini sebagai wujud eksistensi komite sekolah.

 

Komite juga mendorong sekolah guna melakukan seluruh program secara transparan termasuk mendukung rencana kepala sekolah untuk membuat infografik yang nantinya akan dipasang di halaman depan sekolah, pungkas Jesly Lagan.

Di tempat terpisah orangtua Yapang kepada SWARAKALTARA.COM menjelaskan, kami sebagai orang tua murid sangat setuju di bentuknya TPLP SMPN 3 Malkot, dan saya berharap dengan adanya semangat tersebut realisasi juga harus tepat, apalagi kita juga terlibat dalam TPLP maka kita harus kawal dan suport yang positif.

 

Lanjut kata Yapang, yang selalu menjadi kendala tentunya terkait anggaran, padah pendidikan ini adalah sumber ilmu, jadi saya berharap ini dapat diperhatikan pemerintah, imbuhnya.

Komite Sekolah Bentuk Tim Pemerhati Lingkungan Pendidikan SMPN 3 Malinau Kota

Selain Yapang, Desem orang tua murid menambahkan, fasilitas sekolah ini masih kurang, dan salah satunya kita juga perjuangkan untuk penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) hanya saja belum terealisasi dari Dinas Pendidikan mungkin karena keterbatasan anggaran. Jadi jika bisa saya berharap untuk SMPN 3 ini tolong di perhatikan.

 

Namun untuk program Adiwiyata ini kita sebagai orang tua murid SMPN 3 Malkot sangat mendukung, apalagi jika memang nantinya akan dibuat taman belajar, saya pun yakin murid-murid akan nyaman belajar disini, pungkasnya. (ezi/sk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE