Home Post Kelompok Pemuda Bangun SDM, Bentuk Taman Baca Masyarakat “Rumah Mileh”

Kelompok Pemuda Bangun SDM, Bentuk Taman Baca Masyarakat “Rumah Mileh”

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sebagaimana salah satu program utama Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau yaitu wajib belajar 16 tahun (Wajar 16 Tahun), juga menjadi target Pemerintah Daerah Malinau di tahun 2019 terbangunnya gerakan sadar kualitas SDM.

Sekelompok pemuda Desa Kaliamok berinisiatif untuk membangun SDM di Desa Kaliamok dengan membentuk Taman Baca Masyarakat (TBM), yang telah mulai aktif sejak 14 Januari 2019.

Taman Baca Masyarakat (TBM) yang di beri nama TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok, saat ini kepengurusannya berjumlah 5 orang yang di ketuai oleh Paulina, S.Pd.

TBM ini juga menjalin kerja sama dengan OPOB (One Person One Book) dan LITARA, “tujuannya agar anak-anak di Desa Kaliamok dapat mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang positif, sebab di TBM anak-anak dapat belajar mengenal huruf membaca dan sambil bermain juga,” terang ketua TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok tersebut, Sabtu (2/2) Kepada SWARAKALTARA.COM.>

Paulina juga menjelaskan bahwa meskipun ada kerja sama dengan pihak lain, TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok ini adalah kelompok yang berdiri sendiri, dengan Pemerintah Desa Kaliamok sebagai penanggung jawabnya.

Sementara ini pengurus TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok memanfaatkan buku-buku yang tersedia pada perpustakaan desa, sambil menunggu kiriman buku-buku lainnya dari OPOB. Dan buku – buku yang ada di TBM terdiri dari buku yang sifatnya umum, agama, dan buku anak-anak.

Terkait kegiatan yang telah dilakukan oleh TBM lanjut Paulina, ini di buka setiap hari jumaat dan sabtu, “di hari jumat dilaksanakan belajar sambil bermain di luar ruangan, sementara untuk hari sabtu dari pukul 10 pagi sampai dengan pukul 17 dilakukan pembagian kelas, ada 4 kelas yaitu, kelas yg mengenal huruf, kelas mengeja, kelas yang sudah mengenal huruf serta mengeja, dan kelas yang sudah bisa membaca,” terangnya.

“Khusus kelas yang sudah bisa membaca kedepan akan dilakukan semacam even untuk membuat karya tulis,” tambah Paulina.

TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok yang sementara ini meminjam kantor PKK Desa Kaliamok untuk menjalakan aktifitasnya, masih banyak kendala yang dihadapi oleh TBM, kendala yang hadapi masih minimnya sarana prasana, seperti gazebo, papan tulis, alat – alat tulis, serta buku-buku yang digunakan adalah buku – buku bekas yang masih edisi lama, “harapan kami semoga ada bantuan agar aktifitas kami dapat berjalan dengan lancar,” tutup Paulina. (Stf/SK).

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00