Mulawarman Peduli, Serbuan Brigade Alsintan Kodim 0910/Malinau Siapkan Demplot Varietas Padi Inpago 12 Dan Kabir 07

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kodim 0910/Mln bekerja sama dengan PT BDMS/MA membuat demplot bersama kelompok Tani Paguyuban Pasundan, Jum’at(22/03) Bertempat di Desa Malinau Sebrang Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau.

Bentuk kerja sama ini yaitu persiapan demplot varietas padi inpago 12 yang merupakan varietas padi ladang/lahan kering atau dikenal dengan padi gogo, selain itu juga dipersiapkan jenis padi kabir 07 varietas padi sawah.

Demplot yang dibuat di desa malinau seberang Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau merupakan bentuk kepedulian Kodim 0910/mln bekerjasama dengan PT. BDMS/MA dengan melibatkan dan mengajak paguyuban suku yang ada di malinau salah satunya Paguyuban Sunda, ungkap Komandan Kodim 0910/Mln Letkol kav Yudi Suryatin S.I.P.,M.Si saat ditemui di ruang kerjanya.

Dengan demplot ini diharapkan mampu menggiatkan pertanian malinau yang pada umumnya suku dayak dimalinau masih banyak bercocok tanam padi gogo. Dua varietas yang dikembangkan memberikan referensi bagi petani malinau untuk mencoba terutama varietas tersebut sesuai referensi memiliki produktivitas 7-10 Ton/Ha.

Selain itu diharapkan petani malinau nantinya dapat mencoba peluang tersebut dan Kodim 0910/Mln, PT BDMS/MA bersama paguyuban Pasundan siap memberikan percontohan di demplot padi inpago 12 dan kabir 07 serta bersedia melaksanakan pendampingan bagi petani malinau.

Lanjut, Komandan Kodim 0910/Mln Letkol kav Yudi Suryatin S.I.P.,M.Si mengajak kepada seluruh paguyuban yang ada di malinau wajib menjunjung persatuan dan kesatuan, kebhinekaan, dan toleransi. Keragaman suku di malinau diharapkan mampu berkontribusi mewujudkan ketahanan pangan menjadi kekuatan mewujudkan malinau harmonis, nyaman, aman, dan sejahtera. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE