Laporkan ESDM, Lalingka : ESDM Tidak Menghormati Putusan Mediasi Komisi Informasi Pusat

TARAKAN, SWARAKALTARA.COM – Lembaga Advokasi Lingkungan Hidup Kalimantan Utara (LALINGKA) Menyampaikan Pengaduan atau laporan Masyarakat ke Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara di Markas Kepolisian Daerah Kalimantan Utara di tanjung selor, Rabu (23/5).

Pengaduan LALINGKA karena Dinas ESDM KALTARA tidak menghormati Putusan Mediasi Komisi Informasi Pusat (KIP), dimana dalam putusan mediasi tersebut ESDM harus memenuhi informasi yang dimohonkan oleh LALINGKA.

Bahwa Putusan Mediasi KIP itu dikeluarkan pada bulan April 2018 yang lalu, namun sampai hari ini informasi yang kami mohonkan belum diberikan, kami telah mengirimkan Somasi pada awal mei lalu yang isi Surat Somasi tersebut bahwa jika dalam 5 hari kerja Dinas ESDM tidak mematuhi Putusan Mediasi Komisi Informasi Pusat tersebut akan dilaporkan ke Kepolisian Daerah Kalimantan Utara, Ungkap Ketua LALINGKA Theodorus GEB lewat rilisnya yang di terima SWARAKALTARA.COM, Rabu (23/5).

Dasar LALINGKA melaporkan Dinas ESDM KALTARA adalah Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 52 “ Badan Publik yang dengan sengaja tidak menyediakan, tidak memberikan, dan/atau tidak menerbitkan informasi publik berupa informasi publik secara berkala, informasi publik yang wajib diumumkan secara serta-merta, informasi publik yang harus diberikan atas dasar permintaan sesuai dengan Undang-Undang ini, dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain dikenakan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp. 5.000.000,00 (Lima Juta Rupiah)”

Lalingka akan terus mengawal pengaduan ini di POLDA KALTARA, Sampai informasi yang dimohonkan diberikan oleh Dinas ESDM KALTARA dan proses hukum tetap berjalan. (red) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE