Home Post Semarak Lomba RT Bersih Kecamatan Malinau Selatan

Semarak Lomba RT Bersih Kecamatan Malinau Selatan

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Mengambil tema “Kemandirian Perilaku RT Bersih Masyarakat Kabupaten Malinau”. Kegiatan Bulan Bakti tahun 2019 ini terasa berbeda bagi segenap masyarakat di Malinau Selatan. Selain peresmian salah satu Desa di Malinau Selatan yaitu Desa Loreh menjadi Desa Wisata. Malinau Selatan juga ditunjuk sebagai tuan rumah pembukaan bulan bakti. Bulan bakti adalah agenda wajib tahunan Pemerintah Daerah Malinau yang didalam rangkaiannya adalah kegiatan RT Bersih yang menjadi salah satu program unggulan pemerintah Daerah. Oleh karena itu, guna mendukung dan mensukseskan program daerah, melalui kegiatan CSR nya PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk dan PT. Baradinamika Mudasukses (MA-BDMS) bersama dengan Muspika Malinau Selatan setiap tahunnya juga mengadakan kegiatan Lomba RT bersih di seluruh RT kecamatan Malinau Selatan. Tentunya menjadi sebuah ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Malinau Selatan, untuk saling bersaing dalam menampilkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pada perlombaan tahun ini panitia mencoba memberikan skema penilaian yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk meningkatkan kualitas penilaian, tim membuat indicator berdasarkan standart proklim.  Penilaian melibatkan Pemerintah Desa yang memberikan penilaian awal kepada setiap RT yang dinaunginya. Setelah dilakukan penilaian hasil rekapan diserahkan kepada tim Kecamatan bersama Juri yang lain untuk di lakukan kroscek lapangan berdasarkan hasil penilaian dari Desa. Selain penilaian aspek kebersihan lingkungan RT dilakukan juga penilaian pada aspek administrasi RT yang sudah dilakukan untuk menunjang program RT Bersih. Penilaian tingkat Kecamatan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 14 Agustus 2019 – 16 Agustus 2019.

Pemenang dalam lomba RT Bersih ini diumumkan saat pelaksanaan Upacara HUT RI di Kecamatan Malinau Selatan yang bertempat di Lapangan Desa Long Loreh kecamatan malinau selatan hilir Kabupaten Malinau Kalimantan Utara, Sabtu (17/8). Dan akhirnya terpilihlah RT 05 Desa Long Loreh menjadi juara pertama RT Bersih Malinau Selatan, disusul RT 01 Desa Sengayan kemudian RT 02 Desa Langap yang menjadi Juara Kedua dan Ketiga. Selain itu, berdasarkan kesepakatan bersama RT 04 Desa Loreh sebagai juara tahun lalu akan diikutkan dalam perlombaan tingkat Kabupaten dan akan mendapatkan pembinaan khusus dari CSR MA BDMS untuk dijadikan RT Percontohan standar proklim.

Camat Malinau Selatan, Daniel Daring Balang, SE, M.Si berpendapat, “Kegiatan RT Bersih ini merupakan salah satu kegiatan unggulan dari Kabupaten Malinau, di Kecamatan Malinau Selatan sendiri kegiatan ini merupakan buah hasil kerja keras antara banyak pemangku kepentingan antara lain, perusahaan, pemerintah, serta Muspika Malinau Selatan. Dalam pelaksanaannya, perusahaan terutama PT MA BDMS kembali mengambil andil yang luar biasa, terutama karena adanya gagasan cara penilaian yang baru, dan mengikuti standar proklim. Kedepannya diharapkan dengan adanya kegiatan seperti RT Bersih ini, masyarakat RT dan Desa dapat memahami bahwa dalam membina dan membangun desa, masyarakat janganlah “manja” dikarenakan adanya kehadiran dari perusahaan. Pembangunan dan pembinaan desa haruslah dilakukan bersama-sama dengan segala unsur yang ada di Malinau Selatan.

I Gede S, CSR Superintendent MA BDMS  menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan salah satu program sinergi perusahaan dengan Muspika Malinau Selatan yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Program lingkungan ini dilaksanakan selain usaha tanggung jawab perusahaan untuk menciptakan masyarakat yang bersih dan sehat, selain itu kegiatan ini juga menjalankan salah satu program unggulan Kabupaten Malinau, RT Bersih.

“Pada tahun ini kami bersama panitia dari kecamatan mengemas cara penilaian standart proklim. Harapannya kedepan akan terus ada formula perbaikan guna bisa menggerakkan masyarakat lebih maksimal dalan kepedulian kebersihan lingkungannya minimal dari tempat warga tinggal dulu, sehingga bisa menularkan pola hidup bersih dan sehat ke yang lain”, ujar I Gede S. (red/sk).

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved