Gubernur Kaltara Buka Mubes PDL ke VI

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Musyawarah Besar Persekutuan Dayak Lundayeh (Mubes PDL) tahun 2019 yang ke – VI telah resmi di buka pada rabu, (25/9) di Desa Wisata Pulau Sapi oleh gubernur kalimantan utara Dr. H. Irianto Lambrie MM.

Dalam acara ini berbagai  macam kesenian daerah adat lundayeh di tampilkan seperti tari kolaborasi Arang Fegatum “Riberuh Bulan” yang di iringi irama tabuh Teteg Tung Budai dan Ferisanang yang menggambarkan kekayaan adat budaya suku dayak lundayeh.

Turut hadir dalam acara ini ialah ketua DPRD kalimantan utara, nurhayati andris, Kapolda kalimantan utara, Brigjen. Pol. Drs. Indrajit, S.H, bupati malinau Dr. Yansen TP M.Si beserta wakil bupati Topan Amrullah S.Pd , bupati nunukan, Laura Hafid beserta jajarannya serta perwakilan walikota tarakan dan perwakilan bupati bulungan.

Pelaksanaan mubes ini merupakan rangkaiaan perjalanan panjang organisasi adat lundayeh yang telah berdiri sejak lama. dalam pelaksanaan nya musyawarah ini akan membahas tentang lembaga hukum-hukum adat meliputi hukum perkawinan adat,hutan masyarakat adat,sekaligus menyusun program kerja yang realistis untuk di jalankan bersama.

Dalam sambutannya Bupati Malinau Dr. Yansen TP M.Si, yang sekaligus sebagai dewan pimpinan pusat persekutuan dayak lundayeh menyampaikan dalam momentum ini juga akan menjadi agenda pemilihan umum dewan pengurus pusat persekutuan dayak lundayeh serta pengurus lembaga adat provinsi periode 2019-2024.

“di samping mubes ini yang membahas tentang kepengurusan PDL dan progaram kerja acara ini juga menjadi ajang silahturahmi warga lundayeh” ujar nya dalam sambutannya.

Gubernur kalimantan utara, Dr. H. Irianto Lambrie MM dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan mubes ini juga menggambarkan kualitas dari masyarakat lundayeh.

“bukan saya bermaksud memuji-muji adat lundayeh tapi saya sudah merasakannya. maka dari itu saya hanya ingin sampaikan tiga kata yaitu Hebat, Salut dan Bangga” ujarnya dalam sambutannya. (ag/sk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE

swarakaltara.com