Pelatihan Pengelolaan BUMDes Ernes Silvanus : Tata Kelola BUMDes dan Strategi Harus Dibangun

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se- kabupaten malinau secara resmi telah di buka oleh SEKDA Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi MM pada, senin (7/10) di ruang laga feratu lantai III kantor bupati malinau.

BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut ialah pimpinan Mitrabara Adiperdana, TBK perwakilan SKPD malinau dan seluruh kepala desa se- kabupaten malinau serta peserta pelatihan pengelolaan BUMDes kabupaten malinau.

Dengan mengusung tema “Membangun BUMDes, Memandirikan Desa” memunculkan ide dan pemikiran untuk nantinya menjadi pedoman bagi para pengelola BUMDes.

Tata kelola BUMDes hingga saat ini masih banyak permasalahan, berbagai data menyebut bahwa sebagian besar BUMDes masih sebatas berdiri dan belum memiliki aktivitas usaha yang menghasilkan.

Dr. Ernes Silvanus S.Pi, MM yang mewakili bapak bupati malinau Yansen TP M.Si dalam sambutannya menyampaikan hadirnya BUMDes memiliki tujuan bagaimana usaha tersebiut dapat menghasilkan dan dapat menjadi badan usaha yang kreatif serta mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

” BUMDes itu kita harus melihat apa yang menjadi potensi kita dan apa yang menjadi permasalahannya ” ujarnya

Tata kelola dan strategi harus di bangun dalam pengelolaan BUMDes sehingga mampu menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat di pedesaan.

Lanjut kata dia Sekda, kami mengapresiasi setinggi-tinggi nya kepada seluruh pihak yang terlibat dan ikut andil dalam kegiatan ini sehingga acara pelatihan BUMDes ini dapat terselenggara dengan baik. (ag).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE

swarakaltara.com