CSO dan Advokat Diskusikan Acces to Justice

JAKARTA, SWARAKALTARA.COM – Perkumpulan Lintas Hijau Kalimantan Utara menjadi salah satu peserta dalam Workshop dan Seminar Acces to Justice di Indonesia 2019. Kegiatan yang melibatkan 70 peserta dari berbagai lembaga advokasi dan aktivis lingkungan ini berlangsung di Hotel Four Point, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, 7- 8 Nopember 2019.

Workshop dan Seminar nasional ini diselenggarakan Bappenas dan Konsorsium Acces to Justice masing masing, International Development Law Organisation (IDLO), Indonesia Judicial Research Society (IJRS), Indonesian Legal Roundtable, dan Yayasan Lembaga Hukum Indonesia (YLBHI).

Urgensi terhadap kondisi akses terhadap keadilan di Indonesia dilakukan dengan tujuan, memberikan informasi teraktual kondisi akses terhadap keadilan di Indonesia, mendapat masukan yang berharga dari sejumlah stakeholder dalam mengembangkan indikator atau standar pengukuran indeks akses terhadap keadilan yang telah disusun.  Juga merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam mencapai sasaran poin 16.3 Sustainable Development Goals (SDGs). Selain itu menyamakan pandangan dan visi dalam menindaklanjuti temuan Indeks Akses terhadap Keadilan di Indonesia.

Ada 3 Narasumber dalam kegiatan ini masing- masing Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Kementerian Badan Perencanaan Nasional,  Sadiawati, SH. LLM,  pengajar Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, Dr.Ricardo Simarmata SH serta Dr. David Tobing SH, MH, seorang advokat.

Secara detail, seminar dibagi menjadi beberapa permasalahan dan beberapa kelompok diskusi, yaitu pertama,  isu kewarganegaraan dan administrasi kependudukan, isue pelayanan Publik, hukum dan politik. Selanjutnya isu keamanan dan ketertiban umum. isu gender based violance dan diskriminasi, cyber, online, digital dan kriminalitas,  isu perumahan, tanah dan lingkungan SDA, bansos, isu Keluarga dan anak, Pendidikan dan kesehatan dan isu konsumen dan perniagaan, dan bisnis. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE

swarakaltara.com