Kopdar Antar Instansi Kemaritiman Lanal Nunukan Perkuat Sinergitas Dalam Penindakan

Wilayah laut merupakan pemersatu dan harus mendapat prioritas pembangunan dalam meningkatkan keamanan kelautan. 

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Sinergitas dan persepsi yang sama antar instansi kemaritiman dalam penertiban dan penindakan di teritorial Indonesia menjadi hal penting untuk mencegah perbedaan pendapat di lapangan.

Komandan Pangkalan AL Nunukan Kalimantan Utara Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE. M, Tr. Han, mengatakan, wilayah laut merupakan pemersatu dan harus mendapat prioritas pembangunan dalam meningkatkan keamanan kelautan.

“Banyak kejadian illegal fishing, illegal minning, ilegal logging, dan lain-lain dilakukan melalui laut, sehingga kegiatan pengamanan laut harus ditingkatkan,”ujarnya dalam coffe morning antara aparat keamanan, lembaga yudikatif dan instansi kemaritiman, di Mako Lanal Nunukan, Jumat (01/11/2019).

Dalam diskusi santai tersebut, Danlanal Nunukan mengulas berbagai permasalahan kemaritiman yang kerap muncul ke permukaan baik aktivitas pelanggaran hukum, tindakan kekerasan dan kriminal, masalah pelayaran dan navigasi, persoalan perbatasan, pencemaran lingkungan dan perusakan ekosistem laut, hingga problem transnational organized crime.

Ia mengatakan, acara seperti ini perlu intens diselenggarakan secara bergiliran guna tercapainya tujuan untuk menyamakan persepsi dan diskusi khususnya dalam bidang kemaritiman dan keamanan laut dalam wilayah Kabupaten Nunukan.

“Meningkatkan sinergi dan koordinasi antar instansi sampai ke level bawah dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam bidang kemaritiman maupun pelayanan hukum yang terkait dengan kelautan.”tegasnya.

Pada intinya, tidak ada satu pun negara di dunia ini yang mampu mewujudkan jaminan keamanan di laut hanya oleh satu institusi secara mandiri, tanpa kekompakan semua institusi.

“Oleh karena itu untuk mencapai hasil yang optimal, kata kuncinya adalah keterpaduan, yaitu mensinergikan seluruh kemampuan dan kekuatan dari instansi-instansi yang memiliki kewenangan di laut.”katanya lagi.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0911/Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, S.E, M.I. Pol. M.Tr. Han, Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 600 Raider/Modang Letkol Inf Ronald Wahyudi, SE. M. Tr. Han,  Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, S.IK, MH, Kajari Nunukan Fitri Zulfahmi, SH, Kepala Imigrasi Nunukan Hanton Hazali, Kepala BNN Nunukan Kompol Lamuati, S.H, serta beberapa perwakilan dari instansi kemaritiman. sumb:NH (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE

swarakaltara.com