Presiden RI Kunjungi Areal Lahan Rencana Ibu Kota Baru

PPU

PPU, SWARAKALTARA.COM – Selasa siang di perbukitan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah hamparan bukit-bukit, naik turun, kosong, tiada bangunan.

Kira-kira, di sekitar tempat saya berdiri inilah nanti ibu kota negara kita dibangun. Istana akan berlokasi di salah satu titik yang nanti akan ditentukan oleh para arsitek. Kawasan ini bekas konsesi hak pengusahaan hutan PT ITCI yang diambil kembali karena dibutuhkan oleh negara, ucap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Lanjut kata dia Jokowi, Ibu kota baru akan menempati areal yang saat ini sebagian berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara. Lahannya seluas 256 ribu hektare yang akan dipakai dan dicadangkan untuk kawasan ibu kota negara. Dari luasan tersebut, 56 ribu hektare akan dipakai untuk kawasan inti, dengan kawasan pemerintahan seluas 5.600 hektare.

Desain ibu kota sedang dikerjakan, kemudian digambar secara detail, yang diperkirakan akan selesai dalam enam bulan. Saya berharap pada pertengahan tahun 2020, pembangunan infrastruktur sudah dimulai. (ch).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *