Antisipasi Virus Corona Petugas Karantina Nunukan Periksa 19 Crew Kapal Philipina

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Walau hingga hari ini, Selasa 28 Januari 2020, belum ada ditemukan warga terinfeksi virus corona, tim medis di Nunukan Kalimantan Utara tetap melakukan upaya antisipasi dan pencegahan.

Kasus terbaru adalah pemeriksaan terhadap crew dan anak buah kapal (ABK) dari 2 kapal asal negara Philipina masing-masing ML.Nur Hadzlina dan ML.Satelite 2, yang masuk pelabuhan Tunon Taka dalam rangka ekspor impor.

dr.Bahrullah Kepala Kesehatan Pelabuhan Tunon Taka mengatakan, pemeriksaan secara ketat dan berkala dilakukan pasca kedatangan kapal Philipina sekitar pukul 10.20 WITA, Senin 27 Januari 2020.

“Total crew 19 orang dan telah diperiksa dengan thermometer infrared suhu tubuh rata rata 33 – 36°C,”ujarnya, Selasa (28/01/2020).

Semua crew tersebut dikatakan telah divaksin polio dan memiliki international certificate of vaccination (ICV).

Bahrullah menegaskan tidak ditemukan indikasi virus corona dari semua crew kapal Philipina yang diperiksa, tidak ada yang sakit dan tidak ada yang berkunjung ke Wuhan 14 hari terakhir.

“Batas suhu tubuh yang terindikasi 38°C, mereka di bawah itu suhunya, tidak kita temukan kriteria mengarah ke suspect corona,”tegasnya.

Seperti diketahui, kriteria ‘suspect virus corona’ mencakup tiga hal, yakni demam dan batuk, pilek serta nyeri tenggorokan, hingga  radang paru-paru atau pneumonia.

Sejauh ini, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang berada di Tunon Taka sudah melakukan pemeriksaan setiap kedatangan penumpang berasal dari dalam juga luar negeri menggunakan therma scanner yang disiagakan di bandara dan pelabuhan di Nunukan.

Sampai saat ini, diberitakan, wabah virus corona telah menelan 106 jiwa. Belum bisa dipastikan dari mana virus ini berasal. Riset journal of medical virology melaporkan virus corona jenis baru (2019-nCoV) diduga berasal dari ular. Adapun, penelitian Wuhan institute for Virology menyebut, virus ini umumnya menginfeksi kelelawar.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *