Antisipasi Virus Corona Lanal Nunukan Perketat Pengawasan Perbatasan Teritorial RI

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nunukan Kalimantan Utara melakukan pengawasan ketat di batas laut RI – Malaysia dalam upaya antisipasi masuknya Corona Virus (Covid -19).

Internal TNI AL Nunukan juga melakukan berbagai sosialisasi dan penerapan hidup sehat bagi prajurit dan keluarga, mengingat Lanal Nunukan merupakan garda terdepan dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

“Begitu mendengar, pasti semua orang akan merasa tidak aman maupun takut tertular, begitulah kondisi saat ini yang menghantui seluruh negara di dunia terlebih di Indonesia sendiri.”ujar Kepala Balai Pengobatan (Ka BP) Lanal Nunukan Lettu Laut (K) dr. Tino Kashara, Selasa (04/03/2020).

Ia melanjutkan, sebelumnya ada 238 orang warga negara Indonesia(WNI) yang dijemput dari Wuhan China setelah menjalani masa karantina selama 14 hari di kepulauan Natuna dan dinyatakan sehat sepenuhnya oleh Kementrian Kesehatan RI.

Sedangkan untuk saat ini masih ada sekitar 188 WNI yang berhasil di evakuasi dari kapal pesiar World Dream oleh petugas gabungan dan dibawa menuju ke Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi selama 14 hari.

“Untuk itu, kita juga melakukan pendampingan tim kesehatan pelabuhan kelas II Tarakan wilayah kerja Sebatik dan Puskesmas Lapri Sebatik Utara dengan melakukan pemeriksan kesehatan dan pengawasan kepada para awak speedboat dan penumpang dari Tawau Malaysia guna mengantisipasi penularan virus corona di Pulau Sebatik.”lanjutnya.

Dalam sosialisasi tersebut Ka BP Lanal Nunukan menjelaskan tentang gejala yang ditimbulkan akibat terinfeksi virus corona yang meliputi demam, batuk, sesak nafas, nyeri tenggorokan, lemas, riwayat bepergian dari wilayah endemik virus.

Ada Beberapa langkah preventif pencegahan virus corona yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan yang tidak bersih, hindari kontak dekat dengan orang-orang yang dicurigai terinfeksi virus corona, lindungi hidung dan mulut dengan tisu sekali pakai atau bagian dalam siku, saat bersin atau batuk, pakailah masker saat beraktivitas di tempat-tempat umum, cukup beristirahat dan perbanyak minum air putih dan konsumsi buah.

Turut hadir dalam sosialisasi, Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo,S.E, M.Tr.Hanla beserta Ketua Jalasenastri Cabang 7 Korcab XIII DJA II Ny. Anton Pratomo, para perwira staf, Bintara, Tamtama Lanal Nunukan dan Para Ibu- ibu Jalasenastri Cabang 7 Korcab XIII DJA II. (KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top