Bupati Nunukan Ajak ASN Instansi Vertikal dan Swasta Urunan Dalam Upaya Antisipasi Covid -19

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Bupati Nunukan Kalimantan Utara Hj.Asmin Laura Hafid, SE.MM mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab, instansi vertikal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) berpartisipasi dalam antisipasi Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran nomor : P.75/Humpro/6.65 tentang partisipasi penanganan Covid-19 yang dikeluarkan 16 Maret 2020 dengan tujuan mendukung gugus tugas antisipasi corona.

“Bentuk partisipasi yang dimaksud yaitu urunan/memberikan sumbangan uang sebagai bentuk kepedulian, dukungan dan sebagai aksi kekompakan dalam melawan corona.”ujar Kabag Humas Pemkab Nunukan Hasan Basri Mursali, Kamis (19/03/2020).

Hasan mengatakan, edaran ini memiliki arti semangat kebersamaan dalam antisipasi corona, sudah sepatutnya seluruh elemen bahu membahu dan saling dukung dalam menghadapi bencana non alam seperti ini.

Disinggung terkait anggaran darurat bencana yang selayaknya digunakan dalam antisipasi kasus semacam corona, Hasan mengatakan Pemkab Nunukan memiliki alokasi dana yang disisihkan dari sejumlah anggaran dan siap digunakan kapan saja, namun berapa nominal dana dimaksud Hasan mengaku belum tahu pasti

“Corona kan sudah dinyatakan bencana non alam, jadi anggarannya digeser dari anggaran lain, biasanya begitu kalau untuk penanganan bencana,”katanya.

Menyoal surat edaran Bupati yang meminta seluruh ASN, instansi vertikal, BUMN dan BUMS urunan, meskipu gugus tugas mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat, Hasan mengatakan, itu untuk antisipasi hal-hal yang tak terprediksi menyangkut covid-19 manakala dana yang disiapkan Pemkab Nunukan tidak mencukupi.

Hasan juga mengatakan, SE dimaksud lebih bersifat imbauan dan tak bersifat wajib atau mengikat.

“Kalau ada dana terkumpul, itu bisa digunakan membeli alat-alat medis dan sebagainya, karena saat ini kita masih kekurangan alat alat kesehatan, desinfektan, masker dan lainnya, cuma kalau tentang penanganan silahkan koordinasi dengan jubir gugus tugas antisipasi corona,”katanya. (KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *