Pengubinan Padi Ladang di Sebuku Hasilkan 2,5 Ton/Ha Sekali Panen

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Penyuluh pertanian di kecamatan Sebuku kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melakukan pengubinan padi ladang, untuk mengetahui produktivitas padi ladang perhektarnya.

Pengubinan ini memiliki sejumlah keuntungan yang akan diperoleh petani, antara lain peningkatan kuantitas dan kualitas hasil panen padi, perbaikan daya dukung lingkungan sawah sekaligus pelestarian keseimbangan ekosistem dan rantai makanan di persawahan.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sebuku Bajib Misak mengatakan, ubinan padi ladang varietas lokal (mati hidup) dilakukan di kebun Aleksander Sala, satu anggota kelompok tani Siang Kunyit.

“Untuk hasilnya setelah dirontokkan dan ditimbang dengan berat gabah kering 1,65 kg, dengan rumpun/batang 62, diketahui produktivitasnya sebanyak 2,5 ton/ha,”ujarnya, Kamis (12/03/2020).

Luasan padi ladang yang dilakukan pengubinan sekitar 1 ha, namun sebagai sample, luasan yang diambil sekitar 2,5 m x 2,5 m, area tersebut dipanen, kemudian dihitung rumpun tanaman, selanjutnya dirontokkan padinya dan ditimbang.

“Hasil ini cukup menggembirakan, karena padi ladang yang ditanam Aleksander tidak pernah di pupuk dan tidak tersentuh obat-obatan seperti pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit,”katanya.

Sebagai perwakilan kelompok tani, Aleksander meminta agar kelompok tani siang Kunyit mendapat perhatian khusus dari pemerintah supaya mendapat bantuan mesin perontok padi dan mesin gilingan padi agar mereka semangat menjalankan usah taninya.

Selama ini mereka cuma merontok padi dengan cara tradisional yaitu diinjak-injak.

Bajib Misak yang merupakan salah satu Alumni Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Yogyakarta membenarkan agar teknologi tepat guna ini bisa dipergunakan petani untuk mendorong ke majuan usahanya di bidang pertanian.

“Kalau mereka mendapatkan bantuan mesin perontok padi, tak perlu lagi panen dengan menginjak-injak gabah, petani akan lebih semangat, penyuluh sukses dan petani sejahtera.”kata Bajib. (KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top