Prihatin Covid-19 Pramuka Peduli Kemanusiaan Donasikan Dana Untuk PMI

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Sebatik Barat Nunukan Kalimantan Utara menyerahkan donasi kepada PMI Cabang Nunukan.

Donasi ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan dari Pramuka Sebatik Barat kepada petugas PMI yang berjibaku dilapangan bersama tim pemerintah Kabupaten Nunukan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas Kwaran Pramuka Sebatik Barat, Wahid mengatakan, sejatinya Pramuka Sebatik Barat juga ingin terlibat dilapangan bersama tim Pemerintah, namun keterbatasan sumber daya manusia serta alat pelindung diri (APD) dan peralatan lainnya menjadi kendala.

“Sehingga, teman-teman pengurus Kwaran Sebatik Barat mengusulkan menggalang donasi untuk membantu rekan PMI dalam hal mendukung tugas dan fungsi PMI yang terlibat dalam pencegahan penyebaran Covid 19.”ujarnya, Minggu (29/03/2020).

Dari hasil penggalangan dana selama satu hari, terkumpul Rp. 2,5 juta. Donasi tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan para relawan yang bertugas dilapangan serta hal-hal lain demi kelancaran tugas kemanusiaan.

“Kita saling support, baik dukungan moril maupun materi. Karena tujuan kita sama, bagaimana mencegah penyebaran Covid 19.”imbuhnya.

Donasi diserahkan oleh Ketua Kwaran Sebatik Barat, Sabri didampingi Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas, Wahid, Andalan Ranting Dedi dan Ketua PMI Sebatik Barat, Anwar.

Sedangkan dari PMI, hadir Wakil Ketua Bidang Organisasi, H. Andi Mutamir, yang didampingi Sekretaris Ilham Bahar dan relawan PMI Nunukan.

H. Andi Mutamir mengapresiasi atas dukungan dari anggota Pramuka dan PMI Sebatik Barat, ia mengatakan donasi yang diberikan sebaik mungkin akan dimanfaatkan untuk mendukung tugas dari para relawan dilapangan.

“Karena memang, PMI dalam melaksanakan tugas dilapangan, terkendala kebutuhan operasional penyemprotan dan kebutuhan relawan termasuk APD dan peralatan pendukung.”katanya.

H.Andi Mutamir menjelaskan, ada empat program pelayanan yang diberikan oleh PMI, yaitu pelayanan ambulans, promosi kesehatan, spraying desinfektan dan pelayanan kesehatan.

Dalam aksi kemanusiaan pencegahan penyebaran virus corona, untuk program spraying desinfektan ada delapan relawan PMI ikut bergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Nunukan.

Mereka bersama Gugus Tugas Penanganan Covid 19 aktif dalam penyemprotan desinfektan di titik yang telah ditentukan.

Selain itu program pelayanan kesehatan, relawan PMI ikut bergabung di pos pelayanan kesehatan yang ada di pintu masuk PLBL Liem Hie Djung maupun di pelabuhan Tunon Taka. Mereka membantu pelayanan pencatatan data penumpang, pengecekan suhu dan lainnya.

Program promosi kesehatan pintu ke pintu, relawan PMI memberikan promosi kesehatan dan edukasi tentang cara pencegahan penyebaran virus Covid 19 kepada masyarakat.

“Disamping itu, untuk pelayanan ambulans standby 24 jam, siap sedia apabila sewaktu-waktu ada pasien atau masyarakat yang membutuhkan.”kata Andi Mutamir.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *