Rapat Paripurna BPD Desa Malinau Seberang, Kades : Semua Dana Kegiatan Terealisasi 100%

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bertempat di Kantor Desa Malinau Seberang, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Malinau Seberang menyelenggarakan rapat paripurna penyampaian LKPPDes tahun anggaran 2019, pada Senin (09/03).

Ketua BPD Malinau Seberang Johansyah PD dalam sambutannya menjelaskan bahwa kepala desa selain mendapat kepercayaan dari masyarakat juga mempunyai tanggung jawab yang sangat penting yaitu menyampaiakan laporan penggunaan anggaran setiap akhir tahun kepada masyarakat melalui sidang paripurna BPD.

Sidang ini sendiri dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dari pemerintah desa selaku penyelenggara kewenangan desa agar terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang akuntabel dan transparan dalam penggunaan anggaran.

“Masyarakat perlu mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan kegiatan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah desa dalam satu tahun,” ujarnya.

Dalam penyampaian LKPPDes ini, BPD akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang telah ditetapkan diantaranya meminta pertanggung jawaban kepala desa dan menerima atau menolak pertanggung jawaban dari kepela desa.

Sementara itu, Kepala Desa Malinau Seberang Syamsul Bahari menyampaikan bahwa pada tahun 2019 dana pendapatan yang dianggarkan lebih kurang RP. 4,8 miliar, yang terdiri dari Dana Gerdema, Dana Desa dan Dana RT Bersih.

Adapun realisasi penggunaan dana anggaran diantaranya terdiri dari pembangunan infrastruktur desa dan sarana umum yang salah satunya ialah pemberian insentif guru TK dan PAUD. kemudian realisasi di bidang pembinaan masyarakat, bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, bidang pelaksanaan pembangunan desa, bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Dari semua dana kegiatan baik Dana Desa, Gerdema dan RT Bersih, Alhamdulillah terserap dan terealisasi 100%”, ujar Syamsul.

“Saya mengharapkan saran pendapat dari BPD dan seluruh lapisan masyarakat sehingga dapat terus merapatkan barisan dan selalu bergandengan tangan dalam melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Desa Malinau Seberang”, tuturnya. (red).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top