3 PDP Baru Dikirim Ke Bangsal Isolasi RSUD Nunukan

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan Kalimantan Utara menemukan 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru dan langsung mengirim ketiganya ke bangsal isolasi RSUD Nunukan, Senin (06/04/2020).

Juru bicara gugus tugas Nunukan Aris Suyono mengatakan, pemeriksaan intensif diberlakukan terhadap 43 penghuni rusunawa.

“Kita sudah lakukan foto toraks terhadap 8 pasien dari 43 yang ada, hasilnya 3 orang kita naikkan statusnya jadi PDP dan kita kirim ke RSUD Nunukan, kita isolasi disana,”ujarnya.

Untuk diketahui, rontgen toraks adalah pemeriksaan seluruh bagian dada, termasuk paru-paru, jantung, pembuluh darah, saluran udara, tulang dada dan tulang belakang. Selain itu, rontgen toraks juga bisa digunakan untuk melihat cairan mengendap di sekitar paru-paru.

Dari hasil pemeriksaan 3 PDP baru ini, tim medis menyatakan mereka mengalami gejala pneumonia, sehingga butuh penanganan dan antisipasi cepat dan tepat.

“Jadi mereka adalah ODP yang memiliki kontak erat dengan pasien kluster jamaah tabligh”jelasnya.

Pemeriksaan terhadap pasien kluster Jemaah tabligh yang kini dikarantina di rusunawa dilakukan dengan mengandalkan rapid test dan foto toraks.

Hasil tracing yang dilakukan tim gugus tugas sebagaimana dijelaskan Aris, menemui hambatan karena dari daftar 250 lebih manifest KM.Lambelu yang bersandar di pelabuhan Tunon Taka Nunukan 28 Maret 2020 dan membawa pasien terkonfirmasi positif, alamat mereka tak tercantum lengkap, imbasnya tracing tak bisa dilakukan maksimal.

“Sementara 43 orang saja hasil tracing kita, dan semua di rusunawa, itu kendala kita dalam mentracing karena alamat penumpang KM.Lambelu tidak lengkap,”tegasnya.

Dengan keberadaan 3 PDP baru, kini bangsal isolasi RSUD Nunukan terisi 14 pasien, terdiri dari 6 pasien PDP, 4 pasien ODP dengan perburukan kondisi, dan 4 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Data terbaru kasus covid-19 di Nunukan per 06 April 2020 pukul 14.00 WITA, ditemukan 2 ODP baru, ODP selesai dipantau sebanyak 125, ODP Pindah 884, OTG masih dipantau 20, PDP 6 orang dan ODP dalam pantauan 80 orang masing-masing ada di:

Nunukan 44, Nunukan Selatan 9, Sebuku 1, Lumbis 4, Krayan 1, Krayan Timur 1, Seimenggaris 3, Sebatik Timur 1, Sebatik Tengah, 7, Sebatik Barat 3, Sebatik 2, Sebatik Utara 4.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *