4 Orang Positif Corona di Nunukan, MUI Serukan Kumandang Adzan Tanpa Salat Jamaah

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Vonis positif bagi 4 pasien kluster jama’ah tabligh yang menempati bangsal isolasi RSUD Nunukan membuat pemuka agama dan tokoh masyarakat berkumpul merundingkan sikap demi kemaslahatan ummat.

Sikap yang pernah dirapatkan dengan masih bolehnya salat berjamaah dilakukan di masjid-masjid atau misa tetap digelar di gereja juga sembahyang di klenteng atau kuil karena Nunukan masih negatif dari virus corona, kini tak lagi diperbolehkan.

Kepala Kemenag Nunukan H.M Sholeh melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh H.Muhammad Sayid Abdullah mengatakan, hasil rapat tokoh lintas agama, ormas keagamaan dan tokoh masyarakat menyimpulkan pembatasan ibadah sebagai antisipasi penyebaran covid-19.

“Seruan adzan tetap harus dikumandangkan sementara tidak usah salat jamaah dulu, salat di rumah masing- masing,”ujarnya, pasca rapat di Kemenag Nunukan selesai dilakukan, Kamis (02/04/2020).

Baca juga : 4 Orang Positif Corona, Tim Gugus Tugas Tracing Semua Yang Kontak Dengan Pasien

Baca juga : Ketua DPRD Malinau Minta Perusahaan Taati Himbauan Pemerintah Terkait Pencegahan Covid 19

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nunukan juga meminta para takmir masjid, dan marbot terus menjaga kebersihan masjid.

Sebaiknya karpet digulung saja menghindari bakteri dan virus yang bisa terhirup saat jamaah sujud.

“Sementara kalau mau salat jamaah, wajib pakai masker, bawa perlengkapan masing masing,”lanjutnya.

Tokoh agama juga menganjurkan, agar salat Jumat sementara waktu diganti sholat dzuhur minimal Jumat 3 April dan 10 April 2020 menghindari berkumpulnya massa.

Sebagai umat beragama, sudah selayaknya meningkatkan iman, dan memperbanyak ibadah, menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, dan mematuhi anjuran stay at home dan social distance.

“Hindari memposting berita yang tak jelas sumbernya, minimal pastikan akses berita covid-19 berasal dari gugus tugas atau¬†www.covid-19.co.id,”katanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top