Gugus Tugas Covid 19 Nunukan Warning Adanya 2 Kluster Baru Selain Kluster Gowa

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 (TGC) Nunukan Kalimantan Utara menduga adanya penambahan kluster baru selain kluster jamaah tabligh Gowa.

Juru Bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Nunukan Aris Suyono mengatakan, ada 2 kluster baru yang kini tengah didalami dan dilakukan tracing bagi para pelaku perjalanan dari wilayah transmisi lokal yang dikategorikan sebagai kluster baru di Nunukan.

“Selain kluster Gowa, kita temukan di lapangan ada kluster langap kabupaten Malinau dan kluster Temboro Kabupaten Magetan Jawa Timur” ujarnya, Kamis (23/04/2020).

Aris menjelaskan, 2 wilayah tersebut merupakan wilayah transmisi lokal dan perlu tindakan khusus untuk perlakuan bagi pelaku perjalanan dari 2 kota dimaksud.

Saat ini, tim gugus tugas dari sejumlah Puskesmas juga tengah melakukan tracing, tidak hanya terhadap kontak erat 15 pasien konfirmasi positif, namun juga terhadap OTG kluster Langap dan Temboro.

“Sementara ini kita temukan 25 kluster Magetan, sementara kluster Malinau masih berkembang datanya menunggu laporan di lapangan.” kata Aris.

Aris mengatakan tim medis segera melakukan rapid test dan dilanjutkan dengan Swab/PCR dalam menangani kasus ini.

Belum adanya kepastian status dari 2 kluster dimaksud menjadikan tim belum mengambil keputusan apakah telah terjadi penularan transmisi lokal yang bisa menjadikan Nunukan sebagai area penularan skala lokal.

“Kita sudah mendapatkan data, sementara karantina mandiri dan semua akan di rapid karena menyebar lokasinya, ada di Pulau Nunukan, Sebatik, Sebuku, Lumbis dan Krayan,”katanya.

Perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Nunukan, tercatat 17 ODP, 54 OTG, 0 PDP dan kasus konfirmasi 24 kasus.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *