Kemenkes RI Tegaskan Penularan Virus Covid-19 di Nunukan Masuk Transmisi Lokal

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Penularan virus corona (Covid-19) di Nunukan Kalimantan Utara saat ini sudah terjadi melalui transmisi lokal. Ketetapan status inipun telah dipertegas oleh Kementrian Kesehatan RI.

‘’Untuk Kaltara, wilayah yang sudah ditetapkan sebagai transmisi lokal adalah Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan, kabupaten Nunukan dan kota Tarakan.’’ ujarJuru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 (TGC) Nunukan Aris Suyono, Rabu (29/04/2020).

Status tersebut biasanya mengacu pada terjadinya penyebaran virus corona melalui penularan lokal yang membuat pandemi ini cepat meluas dan jumlah pasien positif corona meningkat drastis.

Keputusan TGC menetapkan Nunukan sebagai area transmisi lokal berdasar 2 pertimbangan :

1. TGC tidak bisa menemukan sumber penularan yang jelas dengan kasus balita (ini bisa G2)

2. Kasus yang terjadi di kecamatan Krayan walaupun masih sebatas rapid test, itu dijadikan pertimbangan juga sudah ada transmisi lokal.

Penetapan transmisi lokal mengacu pada temuan kasus balita berusia 2 tahun yang terkonfirmasi positif covid-19 di Nunukan, balita berjenis kelamin perempuan ini masuk RSUD Nunukan dengan diagnosa klinis bronchopneumonia. Dari hasil tracing TGC, tak ditemukan adanya riwayat perjalanan keluar Nunukan dan sampai hari ini tidak ditemukan sumber penularan yang menginfeksi balita tersebut.

Perkembangan kasus Covid-19 di Nunukan pada 29 April 2020 pukul 12.00 WITA, tercatat sebanyak 16 Orang Dalam Pengawasan (ODP), 73 Orang Tanpa Gejala (OTG), 1 Pasien Dalam Perawatan (PDP), dan 35 kasus positif.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *