KKP Nunukan Lakukan Pemeriksaan Berkala Untuk Buruh Pelabuhan Tunon Taka

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Aktivitas bongkar muat yang terus berlangsung di pelabuhan Tunon Taka Nunukan Kalimantan Utara saat pandemi Covid -19, menjadikan buruh rentan terpapar.

Dengan demikian kebijakan pemeriksaan intensif bagi para buruh menjadi persoalan wajib dalam upaya antisipasi sebaran virus corona.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tunon Taka dr.Bahrullah mengatakan, pemeriksaan berkala dan berkesinambungan dilakukan terhadap semua buruh pelabuhan.

“Sejauh ini tidak ada gejala atau tanda suhu tubuh mereka di atas 38 derajat” ujarnya, Kamis (23/04/2020).

Pemeriksaan dilakukan perkelompok, ada sekitar 6 divisi buruh di pelabuhan Tunon Taka yang dijadwalkan mendapat pemeriksaan thermo scanner atau infra red scanner.

Dengan pemeriksaan secara pembagian kelompok, pemeriksaan medis akan lebih teratur dan menyeluruh.

“Kita bagi perkelompok, kita pastikan semua diperiksa, tidak ada pengecualian” katanya.

Menurut data yang tercatat petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Robert S Tokan, ada sekitar 189 buruh yang secara berkala diperiksa dengan jadwal yang telah tersusun.

Hal tersebut merupakan antisipasi dan kehati-hatian instansi pelabuhan dalam memutus pola infeksi covid-19.

“Aturan kita, biarkan penumpang kapal turun semua terlebih dahulu, baru buruh boleh angkut barang mereka, itu untuk penerapan physical distance dan mereka wajib masker juga cuci tangan dengan sabun setelah aktifitas selesai” kata Robert.(KU).

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *