Kodim 0911/Nunukan Terus Bersinergi Atasi Karhutla

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – TNI AD di jajaran Kodim 0911/Nunukan Kalimantan Utara terus bersinergi dengan instansi kedaruratan dalam upaya menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sejumlah peristiwa karhutla selalu menjadikan personel Kodim 0911/Nunukan bersiaga dan memperkuat koneksi untuk tindakan antisipasi.

Seperti peristiwa Karhutla Selasa 14 April 2020 sekitar pukul 17.30 WITA yang terjadi di lahan perbukitan dan dataran rendah di jalan Padat Karya RT 21 Kelurahan Nunukan Tengah.

“Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih ± 7 ha ” ujar  Danramil 0911-01/Nnk Kapten Infanteri Teguh Setiawan, Rabu (15/04/2020).

Lahan pribadi tersebut diketahui dimiliki Musa, sampai saat ini penyebab karhutla masih belum diketahui.

Di sekitar lokasi juga terdapat beberapa rumah penduduk sehingga penyebab dari kobaran api tersebut butuh penyelidikan lebih lanjut.

“Pemilik lahan bapak Musa sudah dibawa ke Polsek untuk di mintai keterangan” tambahnya.

Sinergitas antar instansi terlihat di lapangan, BPBD bersama-sama dengan Koramil 0911-01/Nunukan dan Polsek Nunukan serta masyarakat, berjibaku memadamkan api dan berlanjut keesokan harinya akibat kendala medan yang sulit.

Sebagai upaya pencegahan, BPBD melaksanakan koordinasi terpadu bersinergi dengan TNI, Polri, dan masyarakat peduli api di kabupaten nunukan.

“Kita intens lakukan deteksi dini terhadap kejadian karhutla dan juga sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah karhutla sehingga kabupaten Nunukan bebas dari asap.” katanya.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top