Lawan Covid-19 Pemkab Nunukan Alokasikan Rp.40 Miliar Untuk Warga Terdampak

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara akan memberikan bantuan untuk masyarakat sekitar yang berimbas setelah adanya temuan warga positif terinfeksi virus corona di Kabupaten Nunukan.

Proyeksi Rp.40 miliar diambil dari asumsi total anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp.70 miliar dimana Rp.3,6 miliar sudah include dalam anggaran dimaksud.

Juru Bicara Pemkab Nunukan Hasan Basri Mursali mengatakan, Bupati Nunukan mengambil kebijakan untuk refusing anggaran dalam penanganan covid-19.

“Rp.40 miliar untuk masyarakat yang terdampak langsung, sumber anggaran dari pengalihan dana proyek fisik dan dana sejumlah OPD yang digeser,”ujarnya, Kamis (09/04/2020).

Peruntukan Rp.70 miliar masih dalam pembahasan tim rapat koordinasi yang melibatkan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Nunukan dan seluruh Organisasi perangkat Daerah (OPD).

Demikian pula peruntukan untuk Rp.40 miliar bagi warga terdampak, apakah bentuknya memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakat yang paling terdampak karena situasi ini, memberikan stimulus terutama kepada UMKM supaya bisa berjalan lagi kegiatannya setelah situasi ini kembali normal, semua masih dalam pembahasan.

Hasan mengatakan, dampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Nunukan sudah menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat. Kebijakan social dan physical distancing dilakukan guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Namun, kebijakan ini juga mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan sosial, sehingga di tengah upaya dalam menangani pandemi ini, Pemkab Nunukan telah membuat kebijakan terkait pengamanan sosial dengan berupaya memberikan bantuan terhadap warganya.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *