RSUD Nunukan Siapkan 74 Bed Untuk Menampung Suspek Corona

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan Kalimantan Utara menyiapkan 74 bed untuk menampung pasien suspeck Corona Virus Disease (Covid-19).

Direktur RSUD Nunukan dr.Dulman Sp.Og mengatakan, prosedur yang harus disegerakan saat seseorang terinfeksi virus corona 19 adalah memasukkanya ke ruang isolasi.

“Untuk memutus kemungkinan kuman dari dalam kamar yang ditempati pasien menuju ke luar.”ujarnya, Sabtu (11/04/2020).

Untuk masalah isolasi suspek covid-19, RSUD melakukan antisipasi lonjakan kasus dengan menyiapkan 2 bangunan di areal RSUD sebagai bangsal isolasi.

1 bangsal isolasi saat ini memiliki kapasitas 14 bed, RSUD tengah menyiapkan bangunan di sebelah bangsal isolasi menjadi fungsi yang sama dengan kapasitas 30 bed atau 30 pasien.

“Selain itu, kita siapkan juga Puskesmas Binusan, disana bisa 30 bed juga, totalnya kita siapkan 74 bed,”katanya.

Dalam penanganan pasien di bangsal isolasi, petugas yang menangani pasien tetap menggunakan alat pelindung diri lengkap untuk menghindari terjadinya penularan.

Layaknya ruang isolasi untuk pasien virus corona, penanganannya dibutuhkan isolasi bertekanan negatif. Alat pengatur tekanan udara ini dinamakan magnehelic, besar kecil tekanan diberikan sesuai dengan diagnosis dokter yang bertugas atau berjaga.

Dulman mengatakan, ruangan isolasi berfungsi untuk menciptakan penghalang interaksi antara pasien yang telah terinfeksi virus dengan orang lain yang belum terinfeksi.

“Intinya, ruangan tersebut diciptakan untuk mencegah penyebaran virus di rumah sakit.”jelasnya.

Saat ini bangsal isolasi ditempati oleh 16 pasien, masing-masing 8 orang PDP, 4 pasien dengan konfirmasi positif dan 4 ODP dengan perburukan kondisi.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *