Sample Swab Bisa Segera Diteliti di 2 Rumah Sakit di Kaltara?

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Kendala geografis dan transportasi dalam pengiriman sample swab (dahak) suspect Covid-19 dari Nunukan Kalimantan Utara baru akan diterima sepekan setelah dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya Jawa Timur.

Kondisi ini menjadi kendala vital dalam perlakuan suspect dan hambatan dalam menekan penyebaran Covid-19 di pulau Nunukan yang merupakan tapal batas RI – Malaysia.

Namun dalam waktu dekat, sebagaimana dijelaskan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan Aris Suyono, di Kalimantan Utara bisa meneliti sample swab untuk suspect corona.

“Ada 2 Rumah Sakit yang ditunjuk untuk melakukan penelitian swab di Kaltara, Rumah sakit Tarakan dan Tanjung Selor,”ujarnya, Senin (13/04/2020).

Penunjukan tersebut dilakukan oleh kementrian Kesehatan RI yang mencoba memperluas jangkauan pemeriksaan sample swab.

Percepatan deteksi virus corona menjadi salah satu fokus Pemerintah Indonesia saat ini. Berbagai metode pemeriksaan spesimen berjalan paralel, baik melalui rapid test maupun RT-PCR atau Real Time-Polymerase Chain Reaction. Dari kedua metode itu, PCR memang menjadi pengujian sampel virus corona SARS-CoV-2 yang paling direkomendasikan WHO.

Aris menjelaskan, pemerintah tengah mempersiapkan mesin Tes Cepat Molekuler (TC) atau sering disebut rapid molecular diagnostic untuk mengonfirmasi hasil tes swab hidung dan tenggorokan.

Pemeriksaan TCM selama ini umum dikenal sebagai prosedur pemeriksaan pada pasien TB (tuberkulosis). pada kasus TB, pemeriksaan TCM bisa menghasilkan akurasi 99 persen. Mesin TCM dapat memeriksa kuman pada dahak pasien untuk mengetahui apakah seseorang positif TB atau tidak.

Mesin ini disebut mampu mengeluarkan hasil yang lebih cepat dan akurat, karena tes PCR sebagai basis pengujiannya memang menggunakan antigen, sehingga mustahil memunculkan false negative.

“Semoga saja segera terealisasi jadi kita gak kirim lagi ke Surabaya, bisa lebih cepat karena langsung di Kaltara,”katanya.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *