Sempat Tertunda, Pengiriman Sample Swab 11 Pasien Covid-19 Nunukan Dilakukan Dengan Pesawat Carter

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Sempat tertunda 3 hari akibat adanya pembatasan dan penyetopan seluruh moda transportasi oleh Kementrian Perhubungan RI sebagai kebijakan dalam memutus mata rantai sebaran virus corona, sebanyak 11 sample swab dari Nunukan akhirnya bisa dikirim ke Balai Besar Laboratorium dan Kesehatan (BBLK) Surabaya, Senin 27/04/2020).

Hal ini dijelaskan juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 (TGC) Nunukan Aris Suyono, terjadi kekosongan jadwal penerbangan yang merupakan imbas dari Permenhub nomor PM 25 tahun 2020, namun akhirnya sample sudah diterbangkan dengan maskapai sewaan.

“Jadi pengiriman sample itu tanggung jawab gugus tugas Kaltara, alhamdulillah hari ini sudah dikirim menggunakan pesawat carter Garuda City Link’’ ujarnya.

Meski sempat tertahan 3 hari, Aris memastikan sample dalam kondisi normal, penyimpanan sample dalam kondisi optimal di ambang suhu normal pada angka 8 sampai 9 derajat celcius sebagaimana dijelaskan Aris, bisa membuat daya tahan sample swab mencapai batas 6 hari, sehingga kerusakan terhadap sample medis belum sempat terjadi karena diperkirakan sample tersebut sudah ada di laboratorium esok hari.

11 sample yang dikirim terdiri dari 10 sampe swab untuk follow up/konfirmasi sementara 1 sample merupakan jenis sample diagnose.

“Masih aman dan masih bagus kondisinya, suhu tempat penyimpanan sample memiliki standar khusus yang mencegah kerusakan, besok sudah ada di lab Surabaya,’’Aris memastikan.(KU).

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *