Bersama Kita Pasti Bisa, Malinau Yakin Bisa Melewati Proses Pandemi Dengan Baik

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Gugus Tugas Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM mengumumkan lima pasien OTG (Swab Negatif) sembuh dan bisa dipulangkan. Meskipun penyakit ini belum ada vaksin atau obatnya.

Kalau kita melihat di Desa Pulau Sapi cenderung lebih cepat pemulihannya dari kasus Corona, apakah karena situasi mereka tidak terlalu tertekan dalam artian mereka sedikit lebih bebas menikmati suasana rumah, bisa melakukan aktifitas disekitar rumah sehingga mereka lebih enjoi, kalau kita pelajari mereka lebih mudah pemulihannya, ungkap Kepala Dinas Kesehatan dr. John Felix Rundupadang, M.P.H kepada awak media, Rabu (27/5/2020).

“Jadi apa yang kemudian ditunjukan masyarakat Desa Pulau Sapi memperlihatkan kearifan lokal yang ingin terus kita bangun”.

Saat ini di Desa Pulau Sapi masih ada 6, di Bandiklat ada 10 dan di RSU ada 2, semuanya dalam fase pemulihan sempurna di minggu ini, kita berharap semua sehat, dengan tetap semangat bahwa bisa sembuh, tetap minum vitamin yang diberikan. “Kita beri susu jangan hanya jadi oleh-oleh kerumah tapi harus diminum untuk meningkatkan imunitas”.

Kabupaten Malinau dapat menekan penyebaran virus corona, apa yang menjadi semboyan kita di malinau “Bersama Kita Pasti Bisa”, itu kita yakini kita mampu melakukannya, timpal John Felix.

“Dulu kita punya keraguan bahwa perawatan dimasyarakat yang tidak langsung dalam mengawasan spesialis misalnya atau dokter secara ketat tidak akan memberi hasil, tetapi karena keyakinan kita bahwa penyakit yang disebabkan virus corona “self limiting disease” istilah dalam medis penyakit yang sebenarnya sembuh sendiri pada mereka yang tidak ada komplikasi, sehingga kita punya keyakinan itu”.

Ini juga berkat kearifan lokal serta dukungan masyarakat. Kita lihat bagaimana Desa Pulau Sapi menjalankan apa yang kemudian kita sebut sebagai partisipasi didalam menyelesaikan masalah internal dalam kelompok komunitas terkecil itu.

Sehingga yang kita lihat bahwa masyarakat Pulau Sapi meskipun tidak dalam pengawasan secara ketat oleh tenaga medis khususnya tenyata mereka mampu membuktikan bahwa yang kita rawat disana bisa sembuh.

Artinya Malinau yakin bisa melewati proses pandemi ini dengan baik, kata John Felix.(ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top