Gugus Tugas kabulkan Permintaan Pasien Covid-19 Untuk Isolasi Mandiri di Rumah

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Nunukan Kalimantan Utara mengabulkan permintaan isolasi mandiri bagi seorang pasien corona yang menempati ruang isolasi khusus pemulihan di gedung Puskesmas Binusan.

Juru Bicara gugus tugas Covid-19 Nununukan Aris Suyono mengatakan, Pasien yang segera menjalani isolasi mendiri dirumah adalah pasien dengan nama NNK 3 berusia 51 tahun beralamat di jalan Porsas Rt.17 Nunukan Timur, Aris menjelaskan, rapid test pasien tersebut IgG positif, dan IgM nya negative (lgM dan lgG adalah antibodi yang diproduksi saat tubuh terpapar virus corona),

‘’Info dari ketua tim covid RSUD Nunukan, sebenarnya sudah tidak menular. Tapi seharusnya tetap untuk ikuti protokol kesehatan, tetap jaga kontak.’’ujarnya, Jumat (29/05/2020).

Taffware DIY-101 Giant Clock Quartz Jam Dinding [Size Besar/ 80-130 cm]

Pemulangan pasien covid-19 dari kluster Jamaah Tabligh bernama Azis tersebut diantar ambulans dengan pendampingan ketua tim medis RSUD Nunukan dr.Dulman Sp.Og, kepala Puskesmas Nunukan Timur dr.Ika Bihandayani, dan Camat Nunukan Haini.

Selain mengapresiasi respon warga atas penerimaan pasien covid-19, para dokter dan camat memberikan imbauan agar masyarakat ikut andil dalam pengawasan bagi pasien dimaksud, tim medis akan melakukan pengecekan melalui handphone untuk memastikan kondisi pasien dan perkembangannya setiap harinya.

‘’Ada tiga pasien yang meminta isolasi mandiri, baru satu orang kita pulangkan, lainnya masih menunggu persetujuan keluarga dan masyarakat sekitar termasuk dari kepala Puskesmas yang nantinya akan memantau kondisinya selama menjalani isolasi mandiri.’’lanjut Aris.

Ia kembali menjelaskan, ada persyaratan untuk isolasi mandiri, yaitu,

1. Rumahnya memenuhi syarat sanitasi sehat dan ada ruangan terpisah dengan anggota keluarga lainnya

2. Masyarakat sekitar menerima

3. Pelaku isolasi mandiri harus taat dan disiplin dengan ketentuan isolasi mandiri.

‘’Jadi kalau tidak memenuhi syarat itu ya tidak kita bolehkan.’’tegasnya.

Sampai hari ini di Nunukan tercatat ada 43 kasus Covid-19 di Nunukan, dengan 21 kasus sembuh, sebanyak 7 orang berada di bangsal Isolasi RSUD Nunukan, 12 orang ada di gedung isolasi khusus pemulihan Puskesmas Binusan, 2 orang melakukan isolasi mandiri di kampong nelayan Mansapa, dan 1 pasien dalam perawatan RSUD Malinau.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top