Rumah Dinas Bupati Nunukan Disiapkan Sebagai Karantina Khusus Tenaga Medis Covid-19

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 19 (TGC) Nunukan Kalimantan Utara tengah menyiapkan rumah dinas Bupati Nunukan sebagai lokasi karantina tenaga medis yang menangani langsung suspect dan pasien Covid-19.

Sebagaimana dijelaskan Juru bicara TGC Nunukan Aris Suyono, rumah karantina tersebut dikhususkan bagi tenaga medis yang harus menjalani karantina mandiri. Ada 7 kamar di rumah dinas dimaksud, dan rencananya, TGC juga akan memaksimalkan 3 rumah lain di belakang rumah dinas yang masing-masing memiliki 2 kamar, dengan fungsi yang sama.

‘’Peruntukannya untuk karantina terpusat khusus tenaga medis,’’ujarnya, Senin (04/05/2020).

       

Lokasi yang jauh dari pemukiman dan akses masuk yang mudah menjadi pertimbangan mengapa rumah dinas Bupati menjadi solusi representative, dengan system per kamar dan tak bercampur dengan banyak orang tentu akan mempercepat proses pemulihan khususnya bagi tenaga medis.

Saat ini, kata Aris, ada 4 tenaga medis yang tengah menjalani karantina mandiri di gedung Puskesmas Sedadap Nunukan Selatan sembari menunggu kesiapan rumah dinas Bupati.

Sebelumnya, TGC Nunukan telah menganggarkan Rp.540 juta untuk sewa kamar Hotel Laura dengan kebutuhan yang sama yaitu karantina tenaga medis. Dikonfirmasi mengapa tak melakukan langkah yang sama dengan menyewa hotel lain di Nunukan selain hotel Laura, Aris menjawab bahwa rumah dinas Bupati khusus untuk tenaga medis yang hasil rapid tesnya positif.

‘’Kalau hotel peruntukannya untuk tenaga medis yang hasil rapidnya negatif.’’ katanya.

Sementara itu, karantina umum di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) saat ini ditempati oleh 10 orang, terdiri dari 8 Orang Tanpa Gejala (OTG), 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan gejala ringan bersama 1 0rang pendamping.

Perkembangan kasus Covid-19 di Nunukan 04 Mei 2020 pukul 12.00 WITA, tercatat 36 kasus pasien konfirmasi positif, 17 Orang Dalam pemantauan (ODP), 91 Orang Tanpa Gejala (OTG), 2 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *