Tidak Melengkapi Persyaratan Transportasi, Penumpang Pesawat ke Malinau Langsung Dikarantina

Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Penumpang pesawat ke Malinau yang tidak memiliki kelengkapan persyaratan transportasi langsung dikarantina di Gedung SMPN 1 Malinau Kota.

Cerita ini bagian dari simulasi penanganan penumpang berangkat dan tiba di Bandara Kolonel RA Bessing Malinau oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malinau, Rabu (13/5/2020).

Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 2020 tentang pengaturan penyelenggaraan transportasi udara selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H, dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Deases 2019 (Covid-19).

Atas dasar hal tersebut, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malinau melakukan simulasi penanganan penumpang berangkat dan tiba di bandara.

Penumpang datang wajib mencuci tangan di pintu kedatangan, kemudian masuk ke terminal dicek suhu badan.

Penumpang dibagi menjadi dua kelompok. Pertama kelompok warga Malinau yang pulang kampung ataupun kelompok profesi pegawai atau pengusaha yang mempunyai keperluan usaha di Malinau.

Kelompok ini melalui meja-meja pemeriksaan, terkait persyaratan kesehatan, kelengkapan persyaratan transportasinya. Kemudian pihak keluarga segerah dihubungi atau langsung diantar oleh petugas yang sudah disiapkan oleh Gugus Tugas.

Namun jika pegawai atau pengusaha pada pemeriksaan terdapat kekurangan persyaratan maka langsung dikarantina di Gedung SMPN 1 Malinau Kota, timpal Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Malinau, Dr Ernes Silvanus, S.Pi, MM pada praktek simulasi tersebut.

Kedua, kelompok penumpang yang hanya melintas di Malinau tujuan KTT ataupun Nunukan. Kelompok ini wajib diantar petugas Tim Gugus Tugas Covid-19, untuk memastikan mereka sampai pintu perbatasan Kabupaten.

Ernes menjelaskan, untuk pengantaran penumpang datang baik tujuan malinau atau tujuan KTT dan Nunukan, Gugus tugas sudah berkordinasi dengan Kodim 1910 Malinau dan Pol PP untuk pengantaran penumpang sampai di tujuan mereka.

“Jika mereka datang mau ke KTT atau Nunukan, ya kita antar dan pastikan mereka benar-benar ke KTT dan Nunukan,” ujarnya. (ezi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *