Tim Medis TGC Nunukan Ambil Sample Swab 42 Pasien dan Suspeck Covid19

Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGC) Nunukan Kalimantan Utara menjadwalkan pengambilan sampel swab terhadap 42 suspect dan pasien Covid -19.

Sebagaimana dijelaskan juru bicara TGC Nunukan Aris Suyono, untuk membuktikan seseorang baik itu Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif Covid-19 adalah melalui pemeriksaan molekuler dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

‘’Hari ini dan besok akan kita ambil swab, 7 sample diagnose, dan 35 sample follow up’’ ujarnya, Kamis (07/05/2020).

Rincian suspect dan pasien yang akan di PCR masing-masing, 3 Orang Dengan Resiko (ODR), 3 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 35 pasien konfirmasi positif di RSUD Nunukan.

Aris menjelaskan, dalam swab test corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan yaitu hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona.

Tes PCR menganalisis DNA atau RNA (materi genetik virus) yang terdapat dalam virus. Meski sampel hanya mengandung materi genetik dengan jumlah sedikit, pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut.

‘’Oleh karena itu, tes cepat antibodi menjadi tes skrining awal dan pemeriksaan PCR tetap menjadi tes konfirmasi’’ kata Aris.

Data terbaru kasus Covid-19 sebagaimana data TGC Nunukan, tercatat 36 pasien konfirmasi positif, 12 ODP, 98 OTG dan 3 PDP dimana 1 PDP dirawat di bangsal Isolasi dan 2 lainnya melakukan karantina mandiri.(KU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *