PT. BDMS dan PT. MA Lakukan Demplot Lahan Yang tercemar Solar Kepada Petani Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – PT. Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) dan PT. Mitrabara Adiperdana (MA) lakukan demonstrasi plot (Demplot) lahan yang tercemar solar, kepada petani malinau. Dan untuk itu PT. BDMS dan PT. MA lakukan acara serimonial panen padi demplot pertanian, Muara Bengalun, Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Jumat (18/5).

Hadir pada acara tersebut Bupati Malinau DR. Yansen TP, M.Si, Kapolres Malinau AKBP Bestari Hamorangan Harahap, S.I.K, M.T, Dandim 0910 Malinau Letkol Kav Yudi Suryatin, S.I.P, M.Si, Asisten II Ernes Silvanus, dan unsur Muspida lainnya.

Lahan ini sebelumnya merupakan lahan yang telah tercemar solar tanpa kesengajaan, namun kita berupaya mengolah lahan pertanian ini dengan baik dan kami melakukan demplot lahan ini lebih kurang 4 hektar untuk ditanami padi, ungkap Suryanti, SP, MSi.

Oleh sebab itu, kami melakukan pengolahan pada lahan yang terdampak ini, dengan pengolahan lahan dan penanaman padi jenis padi unggul lokal dengan nama Sertani yang berumur 100 hari, dan unggulan padi ini salah satunya tahan terhadap hama wereng coklat, katanya.

Lanjut, Suryanti, SP, MSi menjelaskan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 16 mei 2018 padi yang kami tanam ini, di dapatkan hasil sebesar 7,5 ton per hektar gabah kering panen, setara dengan 6,46 gabah kering giling per hektar dan nantinya akan menjadi beras lebih kurang 4 ton per hektar, imbuhnya.

PT. BDMS dan PT. MA merupakan bagian dari anggota keluarga masyarakat Kabupaten Malinau, yang tidak dapat dipisahkan, dan berjalan sudah belasan tahun, ungkap Direktur Utama PT. BDMS, Deden Ramdhan.

Namun kami menyadari tentu ada pasang surutnya, PT. MA dan BDMS berupaya memberikan dampak sosial kepada masyarakat malinau, khususnya yang berada di wilayah areal perusahaan.

PT. MA dan BDMS berupaya membangun masayarakat kabupaten Malinau yang kami aplikasikan dalam 5 pilar yaitu, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan infrastruktur, Yang kesemuanya merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. MA dan BDMS, ungkapnya.

Harapan kami, bahwa program CSR khususnya di bidang pertanian yang termasuk pada pular ekonomi, nantinya akan terdampak pada peningkatan tarap hidup khususnya petani, salah satunya adalah membangun demplot pertanian.

Demplot pertanian ini kita sudah bangun di dua tempat yaitu, Desa Langap dan Desa Malinau Kota, ungkap Deden.

Perlu kita ketahui kronologis ke belakang, bahwa demplot pertanian ini di muara bengalun, di bangun atas dasar tanggung jawab perusahaan atas tertumpahnya solar di lahan masayarakat tanpa unsur sengaja.

Dan menjadi bukti, bahwa lahan yang terdampak oleh solar, sudah dapat di pulihkan dalam waktu singkat.

Artinya kami betul-betul dapat buktikan tanam padi unggul sertani, dengan waktu 100 hari. Dan pada tanggal 16 mei 2018 telah dilakukan uji kubik, oleh BPS Malinau, katanya. (EZI/SK).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top