Bupati Malinau : Pelaksanaan “Irau” Tahun Ini Merupakan Sebuah Kesempatan Yang Langka Dan Menarik

MALINAU, SWARAKALTARA.COM –¬†Memasuki pelaksanaan Ulang Tahun Kabupaten Malinau ke 19 dan Irau ke 9 Tahun 2018 yang akan di gelar pada Bulan Oktober mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau mulai lakukan persiapan – persiapan dengan melibatkan Ketua Adat dan Paguyuban di Kabupaten Malinau.

Pelaksanaan Irau ke 9 dan Ulang Tahun Kabupaten Malinau ke 19 pada Tahun ini merupakan sebuah kesempatan yang langka dan menarik, ungkap Bupati Malinau Dr. Yansen TP, MS.i kepada SWARAKALTARA lewat pesan singkatnya, Senin (23/7).

“Ini merupakan sebuah kesempatan yang langka dan menarik, karena akan diupayakan Presiden RI Ir. Joko Widodo berkunjung dalam sebuah acara pesta budaya “Irau” di Malinau.

Ini juga sesuai pernyataan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambri saat membuka acara Aco Lundayeh di Desa Wisata Pulau Sapi, bahwa beliau akan berusaha mengundang Presiden RI untuk hadir di Acara Irau Kabupaten Malinau, tegasnya.

Lanjut Yansen TP mengatakan, kunjungan Presiden ke daerah selama ini biasanya dalam rangka meninjau proyek pembangunan atau kegiatan resmi pemerintah. Namun kali ini akan berbeda dimana Presiden RI akan berkunjung ke daerah bersama masyarakat Perbatasan dalam sebuah acara budaya.

Irau Kabupaten Malinau sebagai satu dari 100 Wonderfull Even di Indonesia. Merupakan sebuah Even yang penyelenggaraannya unik karena menampilkan seluruh budaya dalam bentuk prosesi budaya satu etnis yang ada di Kabupaten Malinau, baik Etnis lokal maupun Nusantara, pungkasnya.

Sangat tepat jika Irau ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai Even yang menarik dan berkesan karena memang unik pengorganisasiannya.

Maka sangat wajar masyarakat Malinau bangga dan bisa menyajikan pernak pernik budaya yang lebih menarik lagi, jelas Yansen TP. (ezi/sk).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top