Lima Pilar Program CSR PT. BDMS dan PT. MA Menyentuh Masyarakat Banyak

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemenuhan tanggung jawab Sosial Perusahaan salah satunya terhadap lingkungan masyarakat disebut Corporate Social Responsibility (CSR) yang mencakup aspek Ekonomi, Sosial dan Lingkungan yang nantinya sangat berhubungan dengan pembangunan berkelanjutan.

Terlepas dari itu, PT. Baradinamika Mudasukses (BDMS) dan PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk (MA) sukses melakukan lima (5) pilar program CSR yang menyentuh langsung ke masyarakat banyak.

“Pelaksanaan program CSR oleh BDMS dan MA secara spesifik kita lakukan dalam lima pilar yaitu pertama di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan dan kemasyarakatan,” jelas Manajer Corporate Social Responsibility (CSR) BDMS dan MA, Awaluddin, kepada SWARAKALTARA.COM Kamis (27/9) saat di temui di desa Malinau Kota Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

Lanjut kata Awaluddin yang baru menjabat dua (2) bulan di perusahaan, kegiatan program CSR ini merupakan kegiatan yang kami lakukan langsung menyentuh orang banyak bukan kegiatan yang ditujukan kepada perorangan, sehingga harapan kami program CSR ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Program CSR ini juga kami lakukan dengan mengutamakan daerah – daerah yang kami sebutkan ring satu yaitu daerah – daerah yang sangat dekat dengan wilayah kerja kami.

Misalnya untuk kesehatan berupa program bayi sehat dengan memberikan penyuluhan bayi sehat & pemberian makanan tambahan (PMT) untuk bayi, penyuluhan terhadap ibu hamil dengan memberikan pengetahuan bagaimana menjaga bayinya, mengadakan Seminar HIV AIDS, dan kami juga mengajak pegawai kami untuk melakukan donor darah.

Untuk program pendidikan, kami menyediakan taman baca di tiga desa kecamatan malinau selatan, bantuan pendidikan dan sarana prasarana sekolah SD dan SMP yang membutuhkan.

Lanjut program ekonomi, kami intens memberikan pengetahuan – pengetahuan tentang pertanian salah satunya kami berikan pelatihan kopi kepada masyarakat malinau selatan, mengapa di malinau selatan karena disana sangat cocok juga untuk tanaman kopi, kemudian terkait dengan ekonomi pihak perusahaan juga melakukan rekrutmen tenaga kerja, yang tadinya dia tidak punya penghasilan menjadi berpenghasilan, termasuk kami bersama staleholder terkait melakukan inisiasi pendirian BumDes, sudah ada beberapa desa yang kami bantu pembentukan BumDes nya. Selain itu juga kami memberikan bantuan untuk peternak ikan lele, telur dan itik. Mendirikan Koperasi, Membantu Kelompok Batik.

Kemudian untuk program bidang lingkungan kami sangat merespon dengan lingkungan yang ada, disatu sisi memang perusahaan kami merupakan perusahaan tambang namun nanti akhirnya kita pasti melakukan rehabilitasi dan reklamasi jadi saat kita tinggalkan daerah tersebuit harus hijau kembali, dan saat ini kami sedang menjajaki program kompos dengan melibatkan masyarakat.

Terakhir program kemasyarakatan, kami sudah banyak membuantu masyarakat seperti transport, kemudian event seni budaya, kegiatan keagamaan dan yang berhubungan dengan masyarakat banyak, kata Awaluddin.

Namun terlepas dari itu semua saya berharap juga kepada media agar memberikan informasi – informasi yang positif, dikawatirkan jika ada pemberitaan – pemberitaan yang negatif apalagi yang tidak berimbang akan merusak apa sudah kami perbuat ke masyarakat selama ini. kami juga sadari perusaahn tidak selalunya benar, silahkan beri masukan ke kami tapi masukan yang positif bukan masukan yang bersifat menjebak kami nantinya, pungkas Awaluddin. (ezi/sk).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top