Bupati Malinau Beri Arahan Kepada Satgas Gerdema Tahun 2019

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau memberikan arahan kepada Satgas pada acara pembekalan dan pelepasan Satgas Gerdema tahun 2019, di ruang Laga Feratu, Kamis (28/2).

Bupati Malinau Dr. Yansen TP, MS.i Dalam arahannya, mengajak satgas agar memahami esensi dari program Gerdema, sebagaimana yang tertuang dalam mars gerdema.

“lagu Mars Gerdema bukan hanya sekedar lagu, tetapi juga merupakan esensi dari jiwa dan semangat Gerdema”.

Lagu Indonesia Raya, Mars Gerdema, memberikan panduan bagi kita untuk melaksanakan tugas kita, bukan hanya sekedar formalitas dalam mengisi suatu acara saja yang hanya menjadi retorika semata.

Satgas gerdema wajib menghafal dan menjiwai mars gerdema, sebab jika hal tersebut dilakukan maka tentu akan memahami tentang malinau.

Lanjut, Yansen TP juga menyampaikan agar dalam melaksanakan tugasnya Satgas Gerdema dan PPL tidak pilih kasih dalam menjalankan tugasnya, harus mampu menerima perbedaan dan keberagaman yang ada di kabupaten malinau.

Gerdema adalah tentang bagaimana kepercayaan diberikan kepada rakyat, sehingga melalui gerdema rakyat diberdayakan secara maksimal.

Pembangunan adalah suatu gerakan nyata yang dilahirkan dari suatu keyakinan, perubahan pardigma dimasyarakat ke hal yang positif adalah salah satu bentuk nyata dari pembangunan, dengan adanya perubahan paradigma di masyarakat ke arah yang lebih baik, maka masyarakat akan maju.

Pardigma yang dimaksud salah satunya adalah masyarakat, bahwa pembangunan adalah tanggung jawab bersama, sehingga masyarakat juga harus mengambil peran dalam pembangunan.

Selain itu masyarakat juga harus dapat memaksimalkan peran satgas gerdema di wilayahnya, sebab satgas gerdema merupakan alat untuk memaksimalkan kemampuan masyarakat khususnya pemerintah desa.

Yansen juga meminta kepada satgas gerdema agar wajib mengetahui visi dan misi, serta program kerja pemerintah daerah.

Terakhir, Bupati malinau mempaparkan 6 indikator yang nantinya diuraikan kembali secara rinci oleh DPMD Malinau sebagai indikator keberhasilan satgas dalam menjalankan tugasnya di desa, 6 target kerja tersebut adalah :
1. Kemandirian Pemerintahan Desa.
2. Terbentuknya budaya RT Bersih.
3. Kreatifitas.
4. Peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan.
5. Sadar kualitas SDM.
6. Kepemimpinan staff atau hubungan kerja. (stf/sk).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top