PPK Kecamatan Malinau Utara Selesaikan Rekapitulasi 42 TPS Selama 4 Hari

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Rapat pleno perhitungan hasil perolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat PPK Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau yang dipimpin ketua PPK Malinau Utara Parel Sumakri, yang telah berlangsung, sejak Sabtu 20 hingga Selasa 23 April 2019 baru berhasil menyelesaikan rekapitulasi untuk Kecamatan Malinau Utara.

Rekapitulasi di Kecamatan Malinau utara yang terdiri dari 42 TPS yang tersebar di 12 Desa dalam kecamatan Malinau Utara, baru dapat diselesaikan setelah melakukan pleno rekapitulasi selama 4 hari 3 malam.

“Ini karena sesuai aturan dalam Pemilu 2019, PPK wajib melaksanakan rekapitulasi sebanyak 2 tahap, yang pertama rekapitulasi per TPS kami lakukan secara pararel sebanyak 3 yang dipimpin oleh anggota PPK, dan setelah itu terakhir per Desa” , terang Parel.

Selama pelaksanaan pleno tidak ada terjadi masalah, atau keberatan dari saksi maupun dari Panwaslu kecamatan “Puji tuhan, pleno dapat dikatakan sukses, mengapa, karena ini adalah yang pertama kali, dan berjalanan sesuai dengan regulasi dari KPU” ungkap Yagung Welbertson, Ketua Panwaslu Kecamatan Malinau Utara, yang juga sejak hari pertama memantau pelaksanaan pleno.

Dalam pelaksanan pleno, ada beberapa kejadian khusus, namun tidak mempengaruhi pelaksanaan peleno di tingkat PPK Malinau Utara, salah satunya pada saat penandatangan Berita Acara Rekapitulasi salah satu saksi dari Paslon nomor 02 enggan untuk menandatangani berita acara, “Hal seperti tu wajar, tetapi tadi dari saksi tidak ada memberikan alasan keberatannya, hanya menyampaikan bahwa itu adalah instruksi dari DPW, dan ini bisa kita maklumi,” ujar Yagung menjelaskan.

Secara keseluruhan Rapat Pleno PPK Malinau Utara berjalan secara transparan dan hasilnya dapat diterima oleh semua pihak, “berdasarkan data hasil pleno tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Malinau Utara pada pemilu 2019 ini cukup baik, yaitu sekitar 80%.” terang Parel. (stf/red).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top