Home Post Anggota Koramil 0910/Malinau Kota Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Malinau Kota Tahun 2019

Anggota Koramil 0910/Malinau Kota Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Malinau Kota Tahun 2019

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Anggota Koramil 0910/Malinau Kota Pelda Bambang Subandi, Serka Ebeng Laser, dan Sertu Agus Supriyanto menghadiri kegiatan musyawarah rencana  pembangunan (musrenbang) Tahun 2019. Acara berlangsung di gedung BPU Baya Intamu Desa Malinau Kota yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, sejumlah perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para kepala desa dan ketua RT se-Kecamatan Malinau Kota, termasuk Satuan Tugas (Satgas) Gerdema. Rabu (21/08).

Peran TNI melaluai Satuan Komando Kewilayahan ( Koramil ) adalah salah satu pendukung program percepatan pembangunan di desa sesuai tugas pokok selain  perang yaitu membantu tugas pemerintah daerah sampai tingkat desa. Membantu pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bentuk kegiatan TNI dalam rangka pembangunan di desa adalah melalui kegiatan karya bhakti, Kegiatan karya bhakti merupakan bentuk perwujudan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Karena sesuai jati diri TNI diantaranya adalah sebagai tentara rakyat. Kekuatan rakyat sama dengan kekuatan TNI, sesuai dengan semboyan TNI “ Bersama Rakyat TNI Kuat”. Demikian dengan harapan TNI terus berjuang berusaha membantu mewujudkan cita-cita Nasinonal bangsa Indonesia yaitu masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

Camat Malinau Kota Rolland Rudyanto, S.STP, M.Si membuka secara resmi acara Musrenbangcam ini. Sebelum membuka, Rolland menyampaikan bahwa dalam Musrenbangcam ini timnya akan lebih mengutamakan apa yang menjadi skala prioritas dari program-program kegiatan yang sudah disusun oleh warga mulai dari tingkat RT, desa hingga kecamatan.

“Sebelumnya pada tanggal 18 Agustus atau beberapa hari yang lalu kami sudah melaksanakan rapat persiapan musrenbangcam untuk menetapkan skala prioritas yang ada di tingkat desa dan kecamatan sehingga pada pagi hari ini pada saat rapat pleno kami hanya tinggal mengkoreksi kembali dan menerima masukan-masukan dan arahan dari kita semua terutama OPD-OPD yang ada di Kabupaten Malinau,” ujarnya.

Kegiatan Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya. Tujuan diadakannya Musrenbang yaitu untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya serta menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM dalam arahannya mengingatkan kepada semua aparat mulai dari RT hingga ke desa untuk memahami betul kegiatan-kegiatan yang diusulkan. Dan dalam kegiatan selama tahun 2019, Dr. Ernes meminta kepada seluruh aparat RT dan desa untuk dapat lebih memahami dan mempelajari kembali terkait pelaporan administrasi, keuangan, laporan fisik yang disertai dokumentasi. Semua benar-benar harus dilengkapi karena biasanya yang sering menjadi permasalahan ialah dalam hal pelaporannya.

Untuk itu, Dr. Ernes menyampaikan agar semua yang terlibat dalam pembuatan pelaporan jika mengalami masalah atau masih belum paham bisa langsung melaporkan ke desa. Jika desa juga belum mengerti bisa langsung lapor ke kecamatan dan jika perlu langsung ke Inspektorat dan ini diperbolehkan.

“Jika bapak, ibu merasa kurang memahami bisa langsung lapor atau minta pendampingan itu bisa, jangan takut. Jika ada warga atau aparat desanya merasa kurang paham dalam pelaporan seperti laporan keuangan bisa langsung disampaikan. Warga tinggal menyiapkan tempat dan jadwal pertemuan, nanti dari kami akan menyiapkan petugas pendamping untuk membantu dan jika perlu adakan pelatihan, tidak perlu membayar cukup siapkan tempatnya. Karena yang terpenting masyarakat kita, aparat desa kita mampu melakukannya dengan baik,” ujarnya.

“Saya Ada Untuk Semua”

“Bersama Kita Pasti Bisa”

“Salam Harmonis Untuk Kita Semua” (Pendim 0910).(red/sk).

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00