Koramil 0911-5/Lumbis Terima Penyerahan Sepucuk Senjata Api Rakitan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Koramil 0911-5/Lumbis kabupaten Nunukan Kalimantan Utara menerima penyerahan sepucuk senjata api rakitan laras panjang atau biasa disebut senjata penabur, Kamis (23/01/2020).

Senjata yang biasa digunakan masyarakat perbatasan RI – Malaysia untuk berburu dan menjaga kebun tersebut diserahkan secara sukarela lengkap beserta amunisinya oleh Surian (33) warga jalan poros Trans Kaltim Rt.01 desa Mansalong kecamatan Lumbis.

Danramil 0911-5/Lumbis mengatakan, penyerahan tersebut murni atas kesadaran pemilik betapa bahayanya menyimpan senjata api rakitan tanpa dilengkapi surat-surat ataupun administrasi lainnya.

“Saya sadar dan tanpa paksaan menyerahkan senjata milik saya ini dan munisinya kepada bapak TNI. Dari sekian lama saya benar-benar menyadari bahwa kepemilikan senjata api ini sangat berbahaya buat saya pribadi dan juga orang sekitar saya”, ujar Danramil 0911-05/Lumbis Lettu Inf Agus Purnomo menirukan Surian saat menyerahkan Senjata miliknya.

Sosialisasi akan bahaya kepemilikan senjata api illegal memang intens dilakukan para Babhinsa, mereka menjalin kedekatan dan anjangsana dalam memberikan edukasi atas konsekuensi kepemilikan senpira.

Memiliki senjata api bisa memantik emosi pemilik dan berujung pada tindakan gegabah yang bisa saja menghilangkan nyawa lawan, dan tentu saja undang undang darurat menjadi ancaman bagi pemilik Senpira.

“Warga yang memiliki dan menyimpan senjata api rakitan pasti masih ada, untuk itu kami akan berupaya untuk terus melakukan himbauan dari rumah ke rumah,”katanya.

Selanjutnya senjata dan amunisi tersebut sementara diamankan di Koramil 0911-05/Lumbis untuk nantinya akan diserahkan ke Makodim 0911/Nunukan. (KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top