Buka Lahan, Seorang Petani Terjebak Kebakaran dan Meninggal Dunia

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Seorang petani ditemukan tewas pada lokasi kebakaran lahan di Jalan Bhakti Praja Rt 04 Desa Tanjung Harapan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Selasa 25 Februari 2020 sekira pukul 12.30 WITA.

Petani tersebut diketahui bernama Abdul Latif (57) atau biasa dipanggil bapak kaca mata warga Jalan Perkuburan Rt.09 Desa Sungai Nyamuk Sebatik Timur.

Sekretaris pada Dinas Pemadam Kebakaran Nunukan Muhammad Firnanda mengatakan, ada sekitar 5 ha lahan yang dibakar, dengan tujuan untuk dimanfaatkan sebagai kebun jahe.

“Sebelum melakukan pembakaran kebun, korban sempat hendak meminjam korek api kepada Ilyas tetangganya, namun yang bersangkutan tidak memiliki korek api, setelah itu korban diduga meminjam korek api kepada warga yang tidak jauh dari lokasi terjadinya kebakaran tersebut lalu diduga melakukan pembakaran lahan/kebun.”ujarnya.

Ada 2 saksi mata yang memberikan keterangan terkait peristiwa tersebut, masing-masing, Muh. Ilyas (56) petani, warga Jalan Ahmad Yani Rt.16 Desa Bukit Aru Indah Sebatik Timur dan Alimin (54) Jalan Ahmad Yani Rt.01 Desa Sungai Nyamuk Sebatik Timur.

Dari keterangan para saksi, korban terjebak api yang sudah membesar, ketika lokasi kebakaran telah terkepung asap, korban diduga mengalami sesak nafas, kontur lokasi berbukit membuat korban kesulitan menghindari api, terlebih kondisi korban agak rabun kemudian jatuh tersungkur dan pingsan.

“Hasil keterangan awal dari dokter, di tubuh korban tidak ditemukan adanya luka atau akibat kekerasan, saat ini korban sudah diserahkan kepada keluarga untuk dikebumikan.”katanya. (KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top