Manfaat Merayakan Hari Keluarga di SMPN 3 Malinau Kota

Foto, SMP Negeri 3 Malinau Kota, Desa Tanjung Keranjang Malinau Kota.

​Malinau, swarakaltara.com – SMPN 3 Malinau Kota (Malkot) laksanakan Hari Keluarga di setiap minggu ke 4, ini dirayakan dengan berbagai cara, antara lain melakukan kegiatan bersama-sama di lingkungan Sekolah, sampai dengan berlibur akhir semesteran.

Membangun keluarga bahagia dengan komunikasi saja tentu belum cukup. Kita dan keluarga membutuhkan quality time bersama. Salah satu upayanya dengan setiap hari melakukan hal-hal yang biasa dilakukan pada Hari Keluarga dirumah.

Kepala Sekolah SMPN 3 Malkot Elisa Selutan. S.Th.M.Pd mengatakan, untuk kita ketahui bahwa Pengertian dari keluarga yang sesungguhnya tentu bukan sekadar beberapa individu yang tinggal di bawah satu atap. Namun Lebih dari itu, keluarga adalah sekumpulan orang yang saling menyayangi dan senang berkomunikasi satu sama lain serta menghabiskan waktu bersama-sama, meskipun setiap anggota keluarga tentu memiliki kesibukan masing-masing.

Selain itu lanjut Elisa, untuk kita pahami bersama ada beberapa manfaat melaksanakan Hari Keluarga setiap bulan di SMPN 3 Malkot terutama bagi anak didik kita, bagaimana kita meningkatkan Nilai Akademik siswa. Keberhasilan seorang siswa di dalam bidang akademik tentu tak lepas dari peran guru. Siswa yang memiliki lingkungan sekolah atau keluarga yang harmonis dan senang melakukan berbagai hal bersama-sama, tentu memiliki semangat yang lebih tinggi dalam belajar dibandingkan dengan anak yang sekolahnya jarang memiliki quality time bersama.

Bagaimana menghindari Tindak Kekerasan anak, terutama yang sedang dalam usia remaja, memiliki emosi yang labil dan mudah meledak-ledak. Bahkan, mereka dapat melakukan kekerasan pada diri sendiri dan orang lain. Seperti yang selalu saya jelaskan setiap brefing, jika sekolah kita sering memiliki quality time bersama, anak juga tidak akan segan menceritakan permasalahannya. Hal tersebut tentu dapat mengurangi tingkat stres pada anak dan mencegahnya melakukan perbuatan tercela.

Selanjutnya bagaimana kita mengembangkan Parenting Skills anak, anak saya (Joshua) masih berumur 10 tahun, bagaimana yang selalu saya sampaikan pendidikan edukasi bisa saya lakukan untuk mengembangkan parenting skills nya. Mungkin saat ini guru setuju dengan pertanyaan ini, tapi perlu kita ketahui bahwa anak selalu merekam apa pun yang ia alami dan rasakan di dalam otaknya. Ketika siswa melihat bahwa gurunya mendidik dan mencintainya, ia pun akan menerapkan hal tersebut di masa depan.

Untuk itu, marilah kita memulainya dengan semangat dan bertanggungjawab, teruslah berusaha selalu untuk membangun keluarga bahagia yang harmonis di SMPN 3 Malkot demi terciptanya lingkungan keluarga yang sehat dan berkualitas, salah satunya dengan merayakan Hari Keluarga di SMPN 3 Malkot setiap bulan, ungkapnya.

“Ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti berkumpul untuk ngeteh bersama, ngopi bersama, makan bersama dan berolahraga bersama setiap hari dan atau beribadah bersama seperti yang dilakukan disetiap minggu, Selamat merayakan hari keluarga SMPN 3 Malkot tetaplah bersemangat dan bekerjasama, jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik biasakanlah hal hal yang terbaik”. (red).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top