Home Post Pertemuan Golkar-Demokrat, Airlangga dan SBY Bicara Empat Mata

Pertemuan Golkar-Demokrat, Airlangga dan SBY Bicara Empat Mata

by swarakaltara
Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan ketua umumnya, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sempat berbicara empat mata dalam pertemuan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Kamis malam tadi, 5 Maret 2020. Doli menceritakan, rombongan Partai Golkar tiba di kediaman SBY itu sekitar pukul 18.30 WIB. Mereka disambut sejumlah elite partai mercy, seperti Syarief Hasan, EE Mangindaan, Amir Syamsudin, Djafar Hafsah, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

“Pukul tujuh, Ketum kami (Airlangga) dipanggil ngobrol berdua dengan Pak SBY di dalam,” kata Doli kepada Tempo, Kamis malam, 6 Maret 2020.

Rombongan Golkar di antaranya Agus Gumiwang Kartasasmita, Azis Syamsudin, Adies Kadir, Ahmad Doli Kurnia, Dito Ganinduto, Meutya Hafid, Nurul Arifin, Zainudin Amali, Lodewijk Freidrich Paulus, Erwin Aksa, hingga Rizal Mallarangeng.

Sekitar setengah jam kemudian, kata Doli, barulah mereka semua diundang masuk ke ruang perpustakaan SBY. Di situ mereka menyantap hidangan yang disuguhkan tuan rumah yakni empal gentong, sate kambing, dan nasi kebuli. Selesai santap malam, barulah pertemuan formal dimulai.

SBY, kata Doli, membuka dan memperkenalkan siapa saja yang mendampinginya. Presiden keenam itu bercerita tentang situasi kebangsaan dan tanggung jawab bersama setiap partai. Meski Demokrat berada di luar koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), SBY mengatakan mereka siap membantu demi kepentingan bangsa dan negara. “Mereka katakan bahwa hubungan Demokrat Golkar harusnya bukan hanya friendship tapi partnership.”

Menurut Doli, Airlangga mengucapkan terima kasih kepada SBY. Airlangga juga mengenang pernah bersama-sama SBY dalam forum-forum internasional dulu. Menteri Koordinator Perekonomian itu lantas menyampaikan salam dari Presiden Jokowi dan agenda-agenda pemerintahan sekarang, termasuk soal dua Rancangan Undang-undang omnibus law, yakni RUU Cipta Kerja dan RUU Perpajakan.

Airlangga dan SBY menyepakati akan menggelar forum khusus penjelasan secara detail untuk membahas dua RUU itu di fraksi kedua partai di DPR. “Intellectual exercise kalau istilah Pak Airlangga,” kata Doli, yang juga Ketua Komisi II DPR.

Pembicaraan selesai, mereka bersalaman dan berfoto bersama. Menurut Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Pandjaitan, SBY sempat memperkenalkan tim boli Lavani binaannya dan mengajak berfoto bersama persis di bawah tulisan LaVaniSportsCenter.

SBY juga memberikan kaus khusus Museum dan Galeri SBY-Ani yang berwarna dominan kuning dengan setrip biru, seperti warna bendera Golkar dan Demokrat. Dalam pertemuan, SBY mengenakan kemeja batik berwarna biru dengan motif bunga berwarna kuning. “Sebut saja ‘Diplomasi Batik Biru Kuning di Cikeas 2020’. Silahturahmi politik pertama bagi kedua parpol sahabat ini memulai dekade 2020,” kata Hinca dalam keterangan tertulisnya. (TEMPO.CO).

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved