[POPULER TREN] Cara Membuat Cairan Disinfektan

JAKARTA, SWARAKALTARA.COM – Masyarakat mulai melakukan berbagai upaya pencegahan dari tertular virus corona jenis baru penyebab Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membersihkan lingkungan atau rumah tempat tinggalnya dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan terhadap perabot atau barang-barang di rumah yang kerap diakses bersama.

Dilansir KOMPAS.com, Cairan disinfektan bisa dibuat sendiri. Berita mengenai pembuatan cairan disinfektan menjadi salah satu berita yang banyak dibaca pada laman Tren sepanjang Sabtu (21/3/2020) hingga Minggu (22/3/2020).

1. Cara membuat cairan disinfektan Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono mengatakan, cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai. Ia menyebutkan, berdasarkan anjuran WHO, bahwa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai disinfektan adalah etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Joddy menyebutkan, cairan pemutih pakaian merupakan bahan yang paling kuat dan efektif. Bagaimana cara membuatnya?

Baca Juga : Mau Bikin Disinfektan Sendiri

2. Sifat virus corona dan penyebarannya yang ekstrem Belum banyak pengetahuan tentang wabah virus corona menjadi salah satu penyebab penyebaran yang ekstrem di dunia. Kabar baiknya, virus corona bisa dihancurkan oleh sabun dengan pencucian tangan selama 20 detik. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa virus corona bisa bertahan di udara selama beberapa waktu, bergantung pada panas dan kelembabannya. Selain itu, virus tersebut juga bisa bertahan selama satu hari di permukaan kertas karton serta dua hingga tiga hari pada permukaan baja dan plastik.

Baca Juga : Cara Membuat Disinfektan Alami di Rumah

3. Korsel gunakan bilik telepon untuk tes corona Korea Selatan terus mencari cara untuk melakukan tes virus corona. Yang terbaru,¬†untuk melacak virus corona, para staf medis menggunakan sebuah tempat bergaya bilik telepon. Rumah sakit tersebut dijuluki “Safe Assessment and Fast Evaluation Technical booths of Yangji hospital” atau disingkat SAFETY.

4. Cerita pasien sembuh Sejumlah warga Singapura yang sembuh dari infeksi virus corona mulai berbagi cerita. Salah satunya Julie. Kepada BBC, ia membagikan kisah hari-hari yang dijalaninya di ruang isolasi.

5. Pengujian corona bisa menular dari orang tanpa gejala Di AS, ada 82 kasus tanpa gejala ditemukan di sebuah klaster virus corona di Massachusetts. Penularan tanpa gejala atau disebut asimptomatik dapat terjadi meski bukan faktor yang signifikan. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar pada 1 Maret 2020. Peneliti dari AS, Perancis, China, dan Hong Kong secara khusus meneliti seberapa cepat SARS-CoV-2 menyebar. Salah satunya mengenai transmisi senyap atau silent transmission. Transmisi senyap terjadi ketika seseorang yang tertular virus tidak menunjukkan gejala, tetapi menularkan virus ke orang lain. (red).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top