Hanya 3 Orang Ditemukan Dari Hasil Tracing 5 Pasien Positif Covid-19 di Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Nunukan Kalimantan Utara hanya mendapat 3 orang dari hasil tracing kontak erat 5 pasien terkonfirmasi positif sebagaimana hasil penelitian swab oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya 16 April 2020 lalu.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 Nunukan Aris Suyono menjelaskan, tracing kali ini tidak begitu sulit, karena mayoritas kontak erat dijadikan ODP sejak kedatangan mereka ke Nunukan pada 23 dan 28 Maret 2020 lalu, mereka menjalani karantina terpadu dan isolasi secara mandiri.

“Hasil tracing kita 3 orang, itu ada di Sebatik Utara, dan Nunukan” ujarnya, Sabtu (18/04/2020).

3 orang hasil tracing hanya ditemukan di Sebatik Utara, ketiganya keluarga pasien dan memiliki kontak erat.

Ketiganya dibawa ke tempat karantina sementara di rusunawa Nunukan untuk tindakan rapid test, jika nanti hasil rapid menunjukkan positif akan dilakukan tes PCR/swab.

Aris menjelaskan, untuk 2 WNA Malaysia, mereka tak mendapat hasil tracing karena keduanya ternyata menempati rumah kosong di desa Balansiku, sehingga keduanya tak memiliki kontak erat.

“Sementara yang Nunukan, dia sudah melakukan karantina mandiri, kita lakukan penyelidikan epidemologi ke keluarganya yang tinggal serumah alhamdulillah semua sehat” jelasnya.

Sampai saat ini, terdapat 9 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Nunukan, semuanya adalah kluster jamaah tabligh yang menghadiri acara di Gowa Sulawesi Selatan. Mereka ditempatkan di bangsal isolasi untuk menjalani masa inkubasi dan pemulihan.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top