Hotel Laura Dijadikan Rumah Singgah Tenaga Medis Covid-19 Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGC) Nunukan Kalimantan Utara akhirnya menyediakan rumah singgah bagi para tenaga medis yang berjibaku dalam penanggulanan Corona Virus Disease 19.

Juru Bicara TGC Nunukan Aris Suyono mengatakan, saat ini ada 40 kamar di hotel Laura yang telah disiapkan dan telah ditempati sejumlah tenaga medis.

“Kita pilih hotel Laura dengan alasan akses paling dekat ke RSUD Nunukan” ujarnya, Jumat (24/04/2020).

Disediakannya fasilitas hotel diharap agar paramedis bisa beristirahat dengan tenang, paramedis sebagai garda terdepan dalam melawan penyebaran Covid-19 memikul tanggung jawab besar dengan konsekuensi tidak ringan.

Kekhawatiran mereka membawa virus pasca berinteraksi dengan suspect maupun pasien konfirmasi positif membuat mereka was-was saat pulang ke rumah, sehingga banyak protokol kesehatan yang wajib dilakukan sebelum pulang dan berkumpul dengan keluarga di rumah jika waktu memungkinkan.

Tetapi dengan resiko tersebut, banyak diantara mereka memilih menjauh sementara dari keluarga dan terkadang memilih beristirahat di bed pasien yang ada di bangsal perawatan.

“Untuk alasan itu, kita pilihkan hotel untuk rumah singgah” tambahnya.

Kondisi paramedis juga dipastikan steril karena mereka juga memeriksakan diri secara intensif bahkan menjalani rapid test.

Semua paramedis dinyatakan negatif dari Covid-19 sehingga diharapkan masyarakat Nunukan tak memunculkan stigma negatif atas keberadaan mereka di hotel tersebut.

“Jika terjadi penambahan kasus, tak menutup kemungkinan kita akan buka kamar di hotel lain juga” kata Aris.

Perkembangan kasus Covid-19 di Nunukan Kalimantan Utara per 24 April 2020 pukul 12.00 wita, tercatat 17 ODP, 60 OTG, 1 PDP dan 24 kasus konfirmasi positif.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top