Nunukan Berstatus Zona Merah, Ini yang Dilakukan TGC

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara ditetapkan sebagai wilayah dengan kriteria zona merah dalam sebaran Covid-19 oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dasar penetapan tersebut disinyalir dari banyaknya kasus positif Covid-19 di Provinsi Kaltara dengan kepemilikan 35 kasus, sementara 2 wilayah lain yang ditetapkan sebagai zona merah adalah kota Tarakan dengan 27 kasus dan Bulungan dengan 22 kasus.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan Aris Suyono mengatakan, dalam kasus pandemi virus corona, zona merah berarti pandemi yang ada dalam suatu wilayah sudah tidak terkendali.

“Untuk meminimalisir penyebaran, upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan perubahan pola penanganan dengan lebih ketat dan lebih intensif” ujarnya, Rabu (29/04/2020).

Upaya yang dilakukan adalah, 1. penguatan surveyland aktif di masyarakat, dengan mengedepankan perlindungan kepada masyarakat yang beresiko tinggi seperti lansia, mereka dengan usia diatas 60 tahun biasanya mengidap komplikasi yaitu serangan jantung, diabetes, hipertensi dan penyakit berbahaya lain.

2. Penguatan ketaatan terhadap pelaku karantina mandiri karena ketaatan dan mempedomani social distancing (stay at home) merupakan salah satu formula ampuh dan menjadi faktor keberhasilan dalam memutus mata rantai penyebaran wabah corona.

3. Penekanan dan penegasan imbauan akan anjuran pemerintah dalam antisipasi dan menanggulasi covid -19, petugas akan lebih getol dan giat lagi memberi edukasi kepada masyarakat dibarengi dengan pengawasan lebih ketat.

‘’Tetap patuhi anjuran pemerintah dalam pola hidup bersih dan sehat, semoga wabah segera berlalu” kata Aris.

Perkembangan kasus Covid-19 di Nunukan pada 29 April 2020 pukul 12.00 wita, tercatat sebanyak 16 Orang Dalam Pengawasan (ODP), 73 Orang Tanpa Gejala (OTG), 1 Pasien Dalam Perawatan (PDP), dan 35 kasus positif.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top