Pandemi Corona, Bupati Nunukan Gratiskan Tagihan PDAM Selama 3 Bulan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Bupati Nunukan Kalimantan Utara Hj.Asmin Laura Hafid, S.E. M.M., memberikan subsidi gratis tagihan air bagi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Program ini merupakan salah satu upaya Pemkab Nunukan yang peduli kondisi masyarakat ditengah pandemi corona yang melanda.

Juru Bicara Pemkab Nunukan Hasan Basri Mursali mengatakan, pemberian subsidi air bersih gratis adalah aksi spontanitas Bupati Nunukan.

“Seandainya ada yang bisa diperbuat untuk meringankan beban masyarakat, itu yang akan kami lakukan,”ujarnya, Sabtu (11/04/2020).

Pemberian subsidi mulai berjalan bulan Mei sampai Juli 2020, masyarakat dengan golongan sosial digratiskan 100 persen sementara masyarakat dengan kategori niaga, instansi pemerintahan, dan industri khusus, subsidi diberikan 50 persen.

Menjawab kontradiksi kebijakan pemerintah dan minimnya ketersediaan air bersih di embung PDAM saat ini, Hasan mengatakan, Nunukan tengah memasuki musim penghujan, diharapkan embung terisi dan melayani kebutuhan air bersih secara normal kepada pelanggan.

“Kalau subdisi itu bentuk keringanan, artinya ketika dia membayar, tagihannya pemerintah yang tanggung jawab, tapi Nunukan mulai masuk musim hujan, semoga air kembali lancar terdistribusi,”katanya.

Data dari PDAM Nunukan, saat ini tercatat 70.776 konsumen dengan 11.796 pelanggan aktif.

Secara hitungan kasar, dari konsumen PDAM Nunukan, setiap bulan biaya pelanggan dikalkulasikan masuk sebesar Rp.983.249.668.

Dengan program subsidi 3 bulan, Pemkab Nunukan diperkirakan akan menggelontorkan anggaran sekitar Rp.2.949.849.004 untuk program ini.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top