Satgas Covid-19 Nunukan Berjanji Perketat Penjagaan di Rusunawa

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Pasca mendapat protes dari sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) dari Rt.07 Nunukan Selatan yang merupakan masyarakat sekitar tempat karantina sementara, Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara berjanji segera memperketat pengawasan terhadap pelaku karantina.

Juru Bicara Pemkab Nunukan Hasan Basri Mursali mengatakan, keberatan masyarakat menyangkut kekhawatiran rantai penularan covid-19 dari penghuni rusun, saat ini telah mencapai kata sepakat.

“Bupati sudah menerima keluhan mereka terkait pemindahan lokasi karantina, ada beberapa¬†point yang disepakati bersama,”ujarnya, Kamis (16/04/2020).

Adapun point yang disetujui masing-masing :

1. Satgas Covid-19 Nunukan akan mengalihkan jalur masuk rusunawa, petugas tidak akan membawa orang yang akan dikarantina melalui jalur yang biasa dilewati masyarakat, tapi masuk melalui jalanan di sekitar kantor Gabungan Dinas (Gadis) 1 yang berlawanan arah dengan jalur sebelumnya.

2. Satgas Covid-19 secepatnya melakukan penyemprotan lingkungan khususnya jalur yang diperdebatkan oleh masyarakat.

3. Sosialisasi ke masyarakat segera dilakukan, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan akan turun memberikan sosialisasi edukatif tentang apa itu Covid-19, bagaimana pola penyebarannya dan cara antisipasinya.

4. Satgas Covid-19 akan segera membagikan masker ke masyarakat sekitar rusunawa.

“Penjagaan akan diperketat lagi, mencegah penghuni rusunawa tak sering keluyuran dan interaksi dengan warga” kata Hasan.

Sebelumnya, masyarakat sekitar rusunawa merasa khawatir karena petugas tanpa melakukan koordinasi dengan mereka, tiba-tiba menunjuk rusunawa sebagai tempat karantina suspect Covid-19.

Nihilnya sosialisasi dan bantuan untuk masyarakat terdampak menjadi permasalahan lain yang menjadi keluhan masyarakat, apalagi sejumlah penghuni rusun terkonfirmasi positif corona.

“Intinya carilah tempat lain, jangan di rusunawa, jangan memberikan solusi yang kontra, satu sisi ingin mengatasi corona tapi sisi lain mengorbankan masyarakat sekitar” kata ketua Rt 07 Nunukan Selatan Adharsyah.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top