Yansen TP Masuk Tingkat Nasional, Hendri Tuwi : Beliau Salah Satu Kader Terbaik PD Kaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sekretaris Fraksi Demokrat Kalimantan Utara Hendri Tuwi, SE, M. Si, mengucapkan selamat dan sukses, atas terpilihnya Ketua DPD Partai Demokrat Kaltara Bapak Dr. Yansen TP, M.Si sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Pusat Periode 2020-2025.

Hal ini disampaikan setelah sebelumnya Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono (AHY) telah mengumumkan susunan pengurus Partai Demokrat periode 2020-2025 melalui akun instagram miliknya.

Hendri Tuwi, SE, M.Si mengatakan, Dr. Yansen TP, M. Si merupakan salah satu nama yang masuk dalam struktur Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP, Kamis (16/4/2020).

Kita patut bangga, hari ini kita ketahui bahwa Yansen TP yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Kaltara dan juga Bupati Malinau diberi kepercayaan, bahkan terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Pusat.

“tentunya ini semua tidak terjadi begitu saja. Sudah pasti atas dedikasi, kerjakeras beliau selama ini sudah berkonstribusi banyak untuk Partai Demokrat. Selain itu juga keberhasilan Pak Yansen TP menjalankan program-program sejak memimpin 2 priode di Kabupaten Malinau bisa jadi pertimbangan.

Namun yang terpenting, seperti kita ketahui beliau merupakan salah satu kader terbaik Partai Demokrat Kalimantan Utara. Bahkan menurut saya, kalau dari sisi keterwakilan kader atau figur dari setiap daerah di indonesia, ini merupakan representasi seorang figur terbaik dari Kalimantan.sehingga dipercayakan untuk duduk dalam posisi penting pada Partai Demokrat dari Kalimantan.

Saya melihat bahwa perjalanan politik beliau di Partai Demokrat, sejak beliau masuk partai politik, Partai Demokrat menjadi pilihannya dan pada saat itu juga beliau diberi kepercayaan untuk memimpin atau menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malinau.

Adapun prestasi dalam kepemimpinan Pak Yansen TP sebgai Ketua DPC Partai Demokrat Kab. Malinau yakni pada pemelihan legislatif 2014 telah mengantarkan Partai Demokrat Malinau dengan raihan kursi terbanyak di Malinau yaitu 6 kursi. Sehingga pada saat itu Partai Demokrat menduduki kursi pimpinan DPRD Kabupaten Malinau, termasuk kursi terbanyak di DPRD Kaltara.

Kemudian, tahun 2016 Yansen TP dipercayakan menjabat ketua DPD Partai Demokrat di Kaltara, dan pileg 2019 Partai Demokrat meraih suara pemilih terbanyak di Kaltara, walaupun mendapatkan jumlah 4 kursi di DPRD Provinsi Kaltara, namun inilah bukti hasil kerja beliau, imbuhnya.

Selain itu, kita melihat bahwa Yansen TP sangat loyal dan bertanggung jawab terhadap amanat yang diembannya dan kemampuan managerial yang cukup baik untuk Partai Demokrat Kaltara. Terbukti Partai Demokrat yang dipimpinnya ini sangat eksis dan diperhitungkan di Prov Kalimantan Utara. Jelas ini karena adanya kontribusi dan keberadaan ataupun pengaruh Yansen TP selaku Ketua DPD Partai Demokrat Kaltara.

Kemudian disisi lain, kepemimpinan Yansen TP selaku Bupati di Kab. Malinau cukup dikenal dengan program-program srategis, inovatif dan visioner. Boleh dikatakan ini adalah sebuah program yang tepat untuk Kabupaten Malinau, sehingga program ini membawa dampak yang sangat signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malinau yang kita kenal dengan sebutan Program Gerakan Desa Membangun (GERDEMA) di priode pertamanya berhasil dijalankan selama 1 periode.

Kemudian pada priode kedua beliau, program tersebut ditingkatkan bahkan lebih dipertajam lagi melalui 3 program unggulan, pertama program Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis (RT Bersih). Menurut hemat saya, program GERDEMA dengan 3 program unggulannya semakin relevan dan riil bagi masyarakat kabupaten malinau. Kedua Program Beras Daerah (Rasda), ini merupakan program nyata untuk mendorong para petani dalam rangka meningkatkan produktifitas beras daerah ( RASDA ) sudah dirasakan oleh masyarakat Malinau. Selama kurun beberapa tahun hingga saat ini pelayanan kepada Kelompok Keluarga Sasaran yang selama ini disuplai kebutuhan berasnya yaitu beras yang bersumberkan dari RASDA itu sendiri.

Demikian program ketiga yaitu Wajib belar 16 tahun (Wajar) juga merupakan program yang strategis karena berkaitan dengan peningkatan sumberdaya manusia (SDM). Untuk sebuah daerah berkembang merupakan hal penting juga wajib yang namanya memperhatikan khusus masalah peningkatkan kualitas SDM. Jadi Wajar 16 tahun ( Wajib Belajar 16 tahun) merupakan sebuah program penting dan strategis untuk Kabupaten Malinau.

Selanjutnya, inilah prestasi beliau selaku kader yang sudah di implementasikan ketika beliau diberi kepercayaan selama memimpin dua priode di Kab Malinau.

Selain itu, sosok Yansen TP merupakan seorang motivator atau pemimpin yang terus bersemangat untuk memotivasi masyarakat ataupun bawahannya, beliau juga boleh dikatakan sosok visioner, inovatif, disiplin, tegas namun juga merakyat.
Saya menilai Yansen TP imerupakan salah satu figur yang potensial dan wajar ketika Demokrat merasa tertarik untuk bisa menempatkannya menjadi salah satu figur yang dapat diandalkan Partai Demokrat ke depannya. Dengan harapan, bisa membawa Partai Demokrat lebih maju, lebih besar atau lebih baik lagi.

Keberadaan beliau saat ini menjadi salah satu unsur pimpinan partai di pusat, saya melihat hal ini boleh saya bahasakan “tanda-tanda baik” nantinya semakin punya peluang dan kesempatan untuk membawa sebuah kemajuan baik di dalam Partai Demokrat itu sendiri, demikian juga punya kesempatan melalui partai turut memberi sumbangsih dalam rangka mendorong pembangunan dan kemajuan bangsa ini, terlebih juga provinsi kalimantan utara.
Kita ketahui Yansen TP merupakan salah satu figur yang digadang-gadang menjadi calon Gubernur atau calon Wakil Gubernur di kaltara.

Kenapa tidak ?, ketika seorang figur berpotensi dan memang sudah terbukti dan teruji memimpin sebuah daerah. Termasuk program-programnya sudah terbukti. Saatnya jika diperkenan dan dipercayakan oleh masyarakat Kaltara apasalahnya, bisa saja program-program beliau diadopsi ataupun didorong agar bisa dilaksanakan di lima kabupaten/kota, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kaltara.(ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top