Home Post Pemerintah Bersiap Cegah Gelombang II Covid-19

Pemerintah Bersiap Cegah Gelombang II Covid-19

by swarakaltara

JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan sebanyak 70.367 pekerja migran Indonesia telah kembali ke Indonesia karena terdampak pandemi Covid-19.

Dalam beberapa hari ke depan, kata Doni, ada 12.758 anak buah kapal (ABK) WNI yang kembali ke Indonesia dan 17 kapal pesiar yang akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Benoa, Bali.

Doni mengatakan, Gugus Tugas terus mengawasi agar kepulangan para pekerja migran dan ABK ini tidak menimbulkan kasus baru Covid-19 di Indonesia.

“Ini berpotensi menjadi bagian dari penularan. Gugus tugas provinsi telah menyusun organisasi, dan kami harap setiap gugus tugas mampu melakukan upaya pencegahan, deteksi dan penanganan,” ujar kata Doni via telekonferensi usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pada Senin, 4 Mei 2020.

Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan gugus tugas dan kementerian serta lembaga terkait mempersiapkan titik debarkasi atau pengumpulan terpusat, agar pemerintah mampu melakukan observasi kesehatan terlebih dahulu, bahkan kemungkinan isolasi, terhadap para pekerja migran yang baru kembali dari luar negeri.

“Kawal secara baik di lapangan, sehingga, jangan sampai muncul gelombang kedua,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas via telekonferensi dari Istana Bogor, Jawa Barat pada Senin, 4 Mei 2020. (TEMPO.CO),

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved